Cara Menjaga Keseimbangan Saat Berkendara Off-Road

By: VMX Media | 03/04/2023 | 190
Cara Menjaga Keseimbangan Saat Berkendara Off-Road

Written by Munandar Nuch Arsih

VMX.ID – ADA banyak hal yang harus dikuasai pengendara saat melakukan off-road dengan motor trail. Salah satu keahlian yang sangat penting dikuasai itu adalah keseimbangan. Keseimbangan ini berkaitan dengan kemampuan mengendalikan motor dan menghadapi rintangan yang cukup ekstrem.

Agar braaapers bisa menjaga keseimbangan dengan baik, lakukan teknik dasar di bawah ini, ya.

  1. Keseimbangan statis sangat diperlukan oleh pengendara. Untuk mencapai hal ini, pengendara harus rutin latihan di jalur off-road yang menantang. Jalur yang demikian dapat membantu akselerasi bermanuver dalam berbagai kondisi.
  2. Kecepatan motor harus dikontrol dengan baik. Kecepatan motor harus disesuaikan dengan kondisi jalur yang dilalui. Jika jalurnya tidak memiliki rintangan, pengendara bisa full ngegas. Jika jalurnya dipenuhi rintangan seperti berbatu dan licin, tentu saja braaapers mesti mengurangi kecepatan.
  3. Tahan tekanan pada ban depan dengan memindahkan berat badan ke depan garpu, sambil mengoperasikan kopling dan rem saat bermanuver. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan tubuh dan menganalisis hambatan.
  4. Saat kaki berada di atas footpeg, minimalkan energi yang dikeluarkan agar lebih efisien. Momentum ini penting dalam menjaga kestabilan posisi motor.
  5. Berikan tekanan pada rem depan dan belakang sambil menggunakan kontrol throttle yang halus dan sedikit menyelipkan kopling.

Selain pon-poin di atas, braaapers juga dapat meningkatkan keseimbangan dengan latihan putaran penuh dalam formasi angka delapan dan lock bar dari kiri ke kanan. Latihan ini bagus untuk mempelajari kontrol kopling dan throttle untuk mempertahankan tekanan dan keseimbangan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa braaapers coba untuk meningkatkan keseimbangan saat berkendara di medan off-road. Jangan lupa untuk selalu menjaga keselamatan juga, ya. Selamat mencoba!