Bukan Hanya untuk Tampil Keren, Ini Alasan Pentingnya Memasang Decal pada Motor untuk Motocross

By: VMX Media | 30/11/2023 | 274
Bukan Hanya untuk Tampil Keren, Ini Alasan Pentingnya Memasang Decal pada Motor untuk Motocross

BANDUNG, VMXMedia.ID – Kerusakan body motor saat melakukan aktivitas trail di medan yang terjal bisa diantisipasi dengan memasang decal

Seperti diketahui, decal adalah seni memodifikasi tampilan luar motor maupun mobil dengan memanfaatkan stiker khusus yang dibuat menggunakan komputer lalu dicetak di atas bahan stiker. Stiker jenis decal biasanya digunakan untuk melapisi body demi melindungi dari kerusakan akibat gesekan dan benturan.

Untuk mengetahui seberapa pentingnya decal dalam dunia garuk tanah, VMX Media mendatangi salah satu pihak yang menyediakan jasa pemasangan dan desain decal, yaitu 119 Decals yang berlokasi di Antapani, Kota Bandung. 

Selain mempunyai tim balap motocross, 119 Decals juga merupakan salah satu penyedia jasa yang fokus pada pembuatan dan pemasangan decal untuk motocross

Aher, owner 119 Decals, menerangkan, selain mempercantik tampilan motor dan membuat lebih bergaya, setidaknya ada dua hal yang membuat pemasangan decal sangat penting diperhatikan. 

Yang pertama, decal penting karena akan menegaskan identitas seorang rider. Aher menilai tampilan decal akan merepresentasikan individu, tim, maupun komunitas. 

“Itu akan menjadikan identitas baik untuk individu maupun klub. Konsep desainnya itu akan menjadikan identitas,” kata Aher, Kamis (30/11). 

Kemudian, selain identitas, hal lainnya yang membuat decal sangat penting dipasang karena berfungsi sebagai pelindung body

Misalnya, meminimalisasi kerusakan body pada saat motor terjatuh. “Kebutuhan untuk perlindungan body motor juga. Decal yang premium dengan ketebalan yang pas itu fungsinya melindungi,” ungkap Aher. 

Untuk itu, Aher mengajak para rider untuk mengkonsultasikan dengan ahlinya terkait kualitas decal yang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pasalnya, ada beberapa tipe decal yang digunakan tergantung penggunaannya 

“Ada yang supermoto dan trail. Kalau untuk supermoto, cukup dengan yang standar. Mungkin kalau ingin yang lebih mewah untuk kebutuhan tampilan baru, pakai yang premium. Kalau bicara kebutuhan, cukup dengan yang standar,” jelas Aher. 

Aher juga merekomendasikan untuk penggunaan motor yang dipakai trail atau trabas lebih baik menggunakan decal yang premium original. “Kalau di trail ada beberapa tipe, tapi premium semua untuk kebutuhan memang yang tebal, agar benar-benar bisa melindungi badan motor,” katanya. (aa)