Biar Aman dan Nyaman, Ini Standar Safety Bermain Olahraga Garuk Tanah

By: VMX Media | 12/06/2023 | 292
Biar Aman dan Nyaman, Ini Standar Safety Bermain Olahraga Garuk Tanah
Kelas Motocross Putaran 2 Kasal Cup JC Supertrack

Written by Anggi Andika Fahmi

VMXMedia.ID – Motocross, grasstrack, ataupun enduro, termasuk ke dalam olahraga ekstrem yang perlu diperhatikan unsur keselamatannya. Oleh karena itu, ada standar keselamatan atau safety yang wajib diketahui para pengendara.

Setidaknya ada 7 hal yang harus digunakan oleh pengendara saat mengikuti kompetisi olahraga garuk tanah maupun hanya untuk hobi saja. Apa saja itu? Berikut penjelasan Akbar Toufan, salah satu legenda grasstrack Indonesia.

1. Kaos Kaki dan Iner 

Kaos kaki dan iner sangat diperlukan untuk menjaga kaki dari cedera dan lecet akibat gesekan sepatu khusus motocross atau grasstrack.

2. Knee Brace 

Knee brace mempunyai fungsi untuk melindungi lutut. Agar lebih nyaman, braaapers wajib cari knee brace yang pas sesuai ukuran lutut.

3. Body Protector 

Di Indonesia, sejak 2018 lalu, Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengeluarkan peraturan, setiap pengendara grasstrack dan motocross wajib menggunakan body protector. Ada 3 protector yang perlu digunakan, yaitu pelindung dada, pelindung lutut, dan pelindung siku.

4. Jersey 

Pilihlah jersey yang nyaman dan sesuai dengan ukuran tubuh. Usahakan pilih jersey dengan bahan yang bagus agar nyaman dan tidak panas. 

5. Sepatu 

Peran sepatu sangat penting karena melindungi kaki saat berkendara dan mengurangi risiko cedera saat terjatuh. Untuk itu, pilihlah sepatu terbaik. 

6. Helm 

Perlengkapan yang paling penting selanjutnya adalah helm. Pilihlah helm standar SNI. Saat memakainya, pastikan helm dipasang dengan erat dan menguncinya di bagian tali helm. 

7. Goggle 

Goggle atau kacamata juga sangat penting karena berfungsi melindungi mata dari kotoran tanah yang bisa masuk ke dalam helm. Jadi, pastikan untuk memakainya, ya.

Nah, braaapers, itulah standar keamanan saat melakukan olahraga garuk tanah. Tentu, hal ini berkaitan dengan standar keamanan, kenyamanan, dan keselamatan.