VMX.ID – Performa ban Motocross harus banyak penyesuaian, terlebih kondisi kontur tanah paling terkeras dan paling gembur. Semua endingnya cenderung mengikis performa motor. Salah satu trinya adalah mengakali pemotongan pattern ban, salah satu strategi jitu. Pemotongan patern ban pacul dapat digunakan dengan dua cara tread nya. Pertama, dengan bilahnya yang besar, yang dapat mengiris lapisan tipis tepi akselerasi ban belakang dengan gerakan menyendok ke bawah sisi vertikal kenop. Memotong kenop secara vertikal mendapatkan keunggulan dengan posisi kenop lebih sempit.
Selanjutnya irisan sangat tipis untuk menghindari kelenturan kenop. Kedua, dengan terpasangnya Sniper kit, sebagai alat grooving ban. Dengan membuat alur pada ban lama, yang telah mengeras atau ban baru, yang memiliki kompon karet yang terlalu keras, Untuk mendapatkan memastikan potongan tread ban, pebalap bisa memanfaatkan sol sepatu ketsnya untuk menentukan lebih banyak tepi gigitan pada permukaan kenop.
Pilihan ban untuk jenis lintasan sedang hingga keras, dapat memanfaatkan jenis patern an yang memiliki alur jembatan yang telah membentuk bagian grouvingnya. Jenis ban seperti itu adalah ban yang paling mudah untuk dipotong atau dilubangi. Alurnya memberikan tepi ekstra untuk akselerasi dan pengereman. Alih-alih mencukur tepi kenop secara vertikal, potong alur ke dalam bidang kontak kenop tengah dengan alur horizontal. Posisi transisi potongan dengan alur 45 derajat dari sudut ke sudut. Hindari membuat alur di kenop samping, agar mendapatkan grooving maksimal. Grooving adalah alternatif yang lebih baik daripada pemotongan vertikal.
Alat pemotong alur ban bernama pisau tread doctor, alat ini dipegang seperti pisau dan dengan penghenti kedalaman di atas kenop. Juga dilengkapi elemen pemanas dengan groover kit SniperPastikan penerapkan tekanan saat bilah berbentuk tapal kuda mulai melelehkan karet, ketika tekanan diterapkan pada kenop.