Agar Tidak Rugi, Perhatikan Ini Sebelum Mengganti Knalpot Standar dengan Knalpot Racing

By: VMX Media | 03/05/2023 | 472
Agar Tidak Rugi, Perhatikan Ini Sebelum Mengganti Knalpot Standar dengan Knalpot Racing

Written by Munandar Nuch Arsih

VMXMedia.IDSAATNYA braaapers lebih cerdas dalam mengambil sikap saat mengganti komponen motor trail, tak terkecuali knalpot. Jangan terkecoh dengan mitos tenaga motor akan bertambah ketika menggunakan knalpot racing, tanpa menyesuaikannya dengan komponen pendukung. Tidak adanya penyesuaian komponen dan setting­-an motor, mustahil semua sesuai harapan.

Modifikasi knalpot racing dengan tetap menggunakan mesin, perangkat pengapian, dan elektikal standar, malah akan membebani mesin, yang ujung pada borosnya konsumsi bahan bakar. Selain konsumsi bahan bakar lebih boros, hal ini juga akan memeprpendek usia motor.

Kombinasi motor standar dan knalpot racing tidak akan memengaruhi performa kekuatan tenaga motor. Sebaliknya, hanya akan membuat akselerasi motor melambat dan suara lebih bising.

Mesin motor standar pabrikan sudah didesain dengan komponen standar pula. Berbagai perangkat ini telah melalui serangkaian pertimbangan, mulai dari efisiensi bahan bakar hingga tenaganya.

Jika ingin mengganti knalpot standar dengan knalpot racing, braaapers harus mengubah beberapa hal, seperti menyetel ulang celah klep, posting polish dinding silinder dan memperbesar ukuran super agar sesuai. Jika diabaikan, hal ini akan membuat mesin cepat panas, boros bensin, dan ujung-ujungnya kekuatan motor anjlok.

Jadi hati-hati yaa braaapers, jangan sembarangan mengganti knalpot.