Bahaya Tabrakan di Udara dalam Balap Motocross dan Grasstrack, Yuk, Perhatikan Tips Aman Ini!

By: VMX Media | 03/08/2023 | 181
Bahaya Tabrakan di Udara dalam Balap Motocross dan Grasstrack, Yuk, Perhatikan Tips Aman Ini!

VMXMedia.ID – BALAP motocross dan grasstrack adalah olahraga yang penuh adrenalin dan tantangan. Namun, di balik keseruan dan kegembiraan itu, terdapat bahaya yang perlu diperhatikan dengan serius oleh para pembalap.

Salah satu momok yang sering menghantui pembalap adalah risiko tabrakan di udara saat melompat di atas table top atau melakukan jumping. Saat dua atau lebih pembalap melompat bersamaan, peluang tabrakan di udara sangat sulit dihindari dan harus diwaspadai dengan baik.

M. Zulmi, seorang pembalap nasional yang tergabung dalam 76Rider MX Squad, berbagi wawasan tentang bahaya potensial ketika seseorang pembalap keluar dari jalurnya dan masuk ke jalur pembalap lain saat sedang melompat.

 Saat melompat dan melayang di udara, pembalap yang keluar jalur akan melenceng dari posisi yang semestinya. Hal ini dapat mengakibatkan tabrakan dengan pembalap lain yang sedang melompat dan melayang di udara secara bersamaan.

Untuk mengurangi risiko tabrakan di udara dalam balap motocross dan grasstrack, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh para pembalap:

1. Selalu Fokus dan Konsentrasi

Penting bagi pembalap untuk selalu fokus dan konsentrasi saat melompat. Jangan terlalu terpengaruh oleh lingkungan sekitar atau pembalap lain yang sedang berlomba. Pertahankan konsentrasi penuh pada jalur dan posisi melompat.

2. Ketahui Racing Line dan Jalur Melompat

Setiap trek balap memiliki racing line dan jalur melompat yang sudah ditentukan. Pelajari dengan baik jalur yang harus diikuti saat melompat untuk menghindari tabrakan dengan pembalap lain.

3. Pahami Timing dan Jarak

Perhatikan timing dan jarak antara pembalap saat melompat. Jika melihat pembalap lain sedang melompat, pastikan untuk memberikan jarak yang cukup agar tidak ada tabrakan di udara.

4. Latihan dan Keterampilan Mengendalikan Motor

Tingkatkan kemampuan mengendalikan motor dengan baik, terutama saat sedang melayang di udara. Latihan rutin dan keterampilan yang baik akan membantu mengurangi risiko kesalahan saat melompat.

5. Keselamatan Selalu Nomor Satu

Ingatlah bahwa keselamatan selalu menjadi prioritas utama. Jika merasa terlalu berisiko atau tidak yakin dengan lompatan tertentu, lebih baik mengurangi kecepatan atau memilih jalur yang lebih aman.

Dalam dunia balap motocross dan grasstrack, kesadaran, pengamatan, dan keterampilan mengendalikan motor adalah kunci untuk mengurangi risiko tabrakan di udara. Penting bagi setiap pembalap untuk selalu mengutamakan keselamatan diri dan rekan-rekan sesama pembalap di trek. 

Dengan mengikuti tips di atas dan selalu berlatih dengan baik, diharapkan risiko tabrakan di udara dapat diminimalkan, sehingga para pembalap dapat menikmati keseruan dan kegembiraan balapan dengan lebih aman dan menyenangkan.