5 Tips Membuat  Motor Trail Jadi Lebih Garang dan Tangguh

By: Delisti Putri Utami | 14/04/2023 | 367
5 Tips Membuat  Motor Trail Jadi Lebih Garang dan Tangguh
5 Tips Membuat Motor Trail Jadi Lebih Garang dan Tangguh (Foto: Ig @popsovia)

VMXMEDIA.ID – MOTOR trail merupakan sepeda motor yang dirancang khusus untuk digunakan di medan off-road, seperti jalur pegunungan, hutan, dan tanah yang bergelombang. Salah satu faktor yang membuat motor trail menarik adalah kesan garang dan tangguh yang dimilikinya. 

Bagi pemilik motor trail, meningkatkan kesan garang dan tangguh pada motor trail menjadi suatu hal yang penting untuk menambah kepercayaan diri saat berkendara. Berikut adalah beberapa tips yang bisa braaapers coba untuk membuat motor trail menjadi lebih garang dan tangguh.

1. Modifikasi suspensi

Suspensi yang lebih tinggi dan lebih kuat dapat meningkatkan kemampuan motor trail dalam menaklukkan medan off-road yang berat. Braaapers bisa mengganti suspensi standar dengan suspensi aftermarket yang lebih tinggi dan lebih kuat, atau memodifikasi suspensi standar dengan menambahkan komponen-komponen lain.

2. Tambahkan aksesori pelindung

Aksesori pelindung seperti pelindung mesin, pelindung knalpot, pelindung tangki, dan handguard dapat membuat motor trail terlihat lebih tangguh. Selain itu, aksesori pelindung juga dapat melindungi komponen-komponen motor trail dari kerusakan saat berkendara di medan off-road yang berat.

3. Ubah tampilan

Tampilan motor trail yang sesuai dengan kepribadian dapat meningkatkan kesan garang pada motor trail. Braaapers bisa mengganti stiker atau decal, memasang lampu LED, atau mengubah warna body sesuai dengan selera dan kepribadian.

4. Ubah sistem knalpot

Sistem knalpot adalah salah satu komponen yang bisa diubah untuk membuat motor trail menjadi lebih garang dan tangguh. Braaapers bisa mengganti knalpot standar dengan knalpot aftermarket yang lebih besar dan menghasilkan suara yang lebih bertenaga. Selain itu, beberapa knalpot aftermarket juga dapat meningkatkan performa mesin dan mengurangi berat motor trail.

5. Pasang velg yang lebih besar

Velg yang lebih besar dapat meningkatkan kesan garang pada motor trail. Selain itu, velg yang lebih besar juga bisa menambah kenyamanan saat berkendara di medan off-road yang berat. Pilih velg yang terbuat dari bahan yang kuat dan ringan, seperti alumunium atau baja.

Nah, itulah beberapa tips untuk membuat motor trail menjadi lebih garang dan tangguh. Namun, perlu diingat, modifikasi sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan faktor keamanan saat berkendara, ya, braaapers. Selamat mencoba!