Written by Munandar Nuch Arsih
VMXMedia.ID – SETIAP sepeda motor dilengkapi dengan tuas dalam berbagai bentuk, seperti tuas rem atau kopling. Meskipun kedua komponen ini memiliki berbagai bentuk dan ukuran, serta pengaturan yang berbeda, ada satu prinsip yang tetap sama, yaitu bagaimana cara mengaturnya dan memosisikannya di setang.
Beberapa pengendara mungkin memiliki posisi tuas yang tidak konvensional. Namun, yang penting adalah memberikan titik awal yang benar. Ini membantu untuk menempatkan tuas pada posisi yang paling efektif, serta memastikan kenyamanan selama berkendara.
Untuk memulai dan mendapatkan posisi yang tepat serta keuntungan maksimum dalam berbagai situasi, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Apa saja itu, yuk, simak informasi berikut ini!
1. Menentukan Penggunaan Jari
Pertama, tempatkan tangan pada pegangan atau handgrip. Kemudian, julurkan jari pertama. Pastikan posisi jari pada tuas berada sejajar. Jika tidak cocok, kendurkan baut yang menjepit tuas ke stang dan geser tempat bertengger ke depan atau belakang hingga berada dalam posisi yang benar.
2. Sesuaikan Dudukan Saklar
Setelah braaapers melakukannya dengan satu tuas, ulangi proses yang sama dengan tuas yang lain. Jangan lupa untuk menyesuaikan tombol saklar di bagian kanan dan kiri setang agar memberikan ruang yang cukup. Hal ini bertujuan agar dudukan tuas dapat masuk ke posisi yang benar.
3. Penyesuaian Setelan Tuas
Selanjutnya, cari pengatur pada tuas. Ini mungkin berupa kenop kecil yang bisa diputar dengan tangan, atau terkadang berupa baut dan mur pengunci. Putar pengatur tuas untuk menyetel tuas agar sejajar dengan jari pertama saat tangan berada pada pegangan dengan erat di dasar handgrip.
4. Atur Ergonomi
Ketika pengendara duduk di atas motor, sedikit longgarkan tempat bertengger sehingga tuas dapat digerakkan ke atas atau ke bawah dengan tangan. Aturan ini sedikit lebih longgar, tetapi penting untuk menggerakkan tuas hingga berada pada posisi di mana braaapers bisa menarik garis lurus dari siku langsung, melalui pergelangan tangan ke ujung jari. Ini akan membantu saat braaapers berdiri dalam posisi menyerang saat berkendara. Setelah tuas berada dalam posisi yang diinginkan, pastikan semua bautnya dikencangkan.
5. Preferensi Pribadi
Mengatur posisi awal yang nyaman untuk tuas merupakan langkah penting untuk mengoptimalkan kinerja dan pengaturan motor. Selama pengaturan, hindari posisi tuas dengan sudut ekstrem yang menghadap ke udara atau tanah. Posisikan tuas hingga menemukan sudut yang paling nyaman bagi braaapers. Biasanya setiap pengendara mempunyai gaya dan kenyamanannya masing-masing.
Namun, perlu diingat untuk selalu membersihkan dan melumasi pivot tuas jika terasa kencang atau berat karena kotor. Jangan pula mengencangkan atau memutar baut pengatur secara berlebihan.
Dengan mengikuti langkah-langkah ini, braaapers bisa mengoptimalkan pengaturan dan penggunaan tuas pada sepeda motor. Ingat, setiap pengendara mungkin memiliki preferensi yang berbeda. Jadi, penting untuk menyesuaikan pengaturan sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan, ya, braaapers.