BANDUNG, VMXMedia.ID – Untuk pertama kalinya, perusahaan sepeda motor garuk tanah kelas dunia, KTM, memperkenalkan prototipe sepeda motor petualangan yang dilengkapi sistem transmisi otomatis.
Seperti dilansir Rideapart, KTM menamakan model tersebut Prototipe KTM AMT. Belum banyak informasi yang dibeberkan pihak perusahaan asal Austria tersebut, selain menginformasikan ada tiga varian yang bakal diperkenalkan nantinya, yaitu S, R, dan Rally.
Menurut KTM, AMT adalah singkatan dari Automatic Manual Transmission (Transmisi Manual Otomatis) dan dibangun berdasarkan konsep Ready-to-Race yang telah dipegang KTM selama bertahun-tahun. Menariknya, sistem AMT ini berarti prototipe tersebut tidak dilengkapi kopling tangan seperti sepeda motor konvensional.
Artinya, sepeda motor bisa dikendarai dalam keadaan full otomatis. Namun jika mode semi otomatis diaktifkan, perpindahan gigi bisa dilakukan dengan menekan tombol di sebelah setang atau dengan menggunakan tuas persneling seperti sistem quickshifter.
Meski sistemnya mirip dengan sistem DCT (dual-clutch transmission) yang saat ini ditawarkan Honda, nyatanya keduanya berbeda. Pasalnya, girboks KTM menggunakan aktuator elektrik (electric actuator) untuk mengubah perbandingan gigi dan kopling sentrifugal yang memungkinkan sepeda motor berhenti tanpa mesin mati secara tiba-tiba dan berpindah dari keadaan diam tanpa perlu masukan dari pengendara.
Sedangkan pergantian gigi saat mode manual diaktifkan pada sistem DCT hanya bisa dilakukan dengan menekan tombol khusus di setang dan tidak ada tuas persneling di bagian kaki. Sebagai catatan, KTM menguji Prototipe KTM AMT ini di Erzberg, Austria, dengan mengikuti kejuaraan Road Prolog yang menghasilkan prototipe tersebut menempati posisi ketujuh. Mesin tersebut dikendarai oleh pebalap enduro dan reli asal Perancis, Johnny Aubert.
Naah, baru KTM akan mengungkap informasi resmi mengenai prototipe KTM AMT pada 24 September 2024. Kita tunggu aja ya braaapers, pasti bikin heboh pecinta motor petualangan di negeri ini. (day)