Tujuh Motor Trail Tangguh untuk Harian: Main Kotor Bisa, Ngaspal Juga Oke

By: VMX Media | 06/10/2023 | 633
Tujuh Motor Trail Tangguh untuk Harian: Main Kotor Bisa, Ngaspal Juga Oke

BANDUNG, VMXMedia.ID – Berpetualang atau melakukan kegiatan ekstrem di alam bebas merupakan kegiatan yang amat menyenangkan. Apalagi bila menunggangi salah satu motor trail terbaik di dunia.

Menariknya, selain menjadi motor off-road, motor trail kini juga banyak digunakan sebagai kendaraan harian. Menurut Pricebook.co.id, berikut ini tujuh motor trail tangguh untuk melibas jalur ekstrem, sekaligus tetap gagah untuk mengaspal di jalan raya.

1. Kawasaki D-Tracker X
Mengusung konsep sporty, Kawasaki D-Tracker X bisa dibilang merupakan motor hybrid yang menggabungkan konsep motor urban dengan motor off-road.

Motor ini memiliki suspensi depan 43mm Inverted Fork Supension dan Suspensi Belakang New Uni-Trak. Untuk tangki bahan bakarnya, motor ini memiliki kapasitas 7.7 liter.

Kawasaki D-Tracker X bisa menjadi motor off-road yang tangguh untuk braaapers yang gemar berpetualang. Menggunakan mesin 4-tak berjenis Liquid-cooled, 1-cylinder dengan konfigurasi katup DOHC.

Dengan kapasitas 249cc, mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimal 18.0 (Kw)/9000rpm dan torsi maksimal 21Nm/7000rpm. Motor trail terbaik ini pun termasuk hemat berkat teknologi Fuel Injection.

2. Kawasaki D-Tracker Standard
Kawasaki D-Tracker Standard menggabungkan konsep motor urban dengan motor sporty. Di bagian depan motor ini menggunakan satu buah lampu headlamp sebagai lampu utamanya, yang selain menghasilkan pencahayaan lebih tajam dan optimal, lampu ini pun juga semakin menambahkan kesan lebih garang.

Memiliki suspensi depan 35mm inverted fork dan suspensi belakang Uni-Trak, with 5-way adjustable preload.

Masuk kebagian mesin, sebagai dapur pacunya motor ini menggunakan mesin brutal air-cooled, 4-stroke single dengan konfigurasi katup SOHC, 2 valves.

Mesin ini nantinya akan menghasilkan tenaga powerful dengan daya maksimal 8.6 kW {12 PS} / 8,000rpm dan torsi maksimal 11.3 N.m {1.2 kgf.m}/6,500rpm.

3. Kawasaki D-Tracker SE

Kawasaki D-Tracker SE merupakan sebuah motor yang didesain untuk kebutuhan harian, tetapi memiliki lekuk layaknya motor trail. Jika braaapers lebih memilih menggunakannya untuk kebutuhan adventure seperti motor trail, sangat bisa.

Kawasaki D-Tracker SE motor trail super sport hadir dengan dua buah varian cilinder, 150cc dan juga 250cc 4 stroke DOHC. Keduanya diberkahi dengan suspensi yang nyaman untuk harian dan juga medan yang berat karena sudah menggunakan uni-track 5 way adjustable preload.

4. Kawasaki KSR 110
Kawasaki KSR 110 dianggap sebagai mini trail dengan kekuatan dahsyat. Tubuh kecil Kawasaki KSR 110 mampu menahan beban tubuh hingga 90 kg dengan kapasitas mesin 110cc.

Meskipun masih mengandalkan pendingin udara, mesin 4 langkah SOHC 2 katup ini mampu menyemburkan tenaga hingga 8,6 PS/ 8000rpm dengan torsi maksimum 8,6 N.m/6000rpm.

Jarak tingginya dari tanah terhitung hanya 225mm. Namun tenang, karena Kawasaki KSR 110 masih memiliki ketinggian yang cukup terhadap jalanan kota maupun jalur ekstrem.

Body aerodinamis didapatkan dari rangka tipe high tensile steel berbahan alloy yang tak hanya memberi kesan gahar dan jantan, melainkan juga ringan dan lincah di jalanan.

5. Kawasaki KLX 250
Mesin powerful dengan desain kuat membuat motor off-road dari vendor kenamaan asal Negeri Sakura, Jepang yang satu ini, siap membawa braaapers bertualang ke mana pun diinginkan.

Kawasaki KLX 250 merupakan motor varian KLX dengan kapasitas mesin 250cc yang jadi produk paling tinggi pada seri ini.

Salah satu motor trail terbaik ini ditanamkan mesin 4-tak single pendingin cairan, dengan Valve System DOHC 4 valves, yang bisa diatur dengan 6 level kecepatan yang berbeda.

Pada motor ini, braaapers akan merasakan performa pembalap motor off-road yang sesungguhnya dengan suguhan mesin yang mampu menghasilkan maksimum power 18.0 (Kw) / 9000rpm dan torsi maksimum 21Nm / 7000rpm.

Tak berhenti sampai situ saja. Motor dengan rem depan single 250 mm disc dual-piston dan rem belakang single 240mm disc single-piston ini memiliki manuver yang lincah dan gesit, dengan suspensi depan 43mm upside-down telescopic fork dan suspensi belakang New Uni-Trak.

6. Kawasaki KLX 150
Nikmati performa lebih menyenangkan dengan menggunakan motor konsep off-road dari Kawasaki yang satu ini. Kawasaki KLX 150 memiliki velg lebih besar berukuran 21 inci depan dan 18 inci di belakang, dengan suspensi depan upside-down yang gegas.

Pada motor trail ini, sang vendor menyematkan mesin air-cooled, 4-stroke single dengan konfigurasi katup SOHC (Camshaft Tunggal) yang bisa diatur dengan 6 level kecepatan berbeda.

Mesin ini mampu menghasilkan maksimum power atau daya maksimal 8.6 kW {12 PS} / 8,000rpm dengan torsi maksimal 11.3 N.m {1.2 kgf.m} / 6,500rpm. Dengan segala kecanggihannya, motor ini begitu nyaman saat bermanuver.

Kemudian dikolaborasikan dengan rem depan tipe single 240mm petal disc twin-piston dan rem belakang tipe single 190mm metal disc single-piston yang sangat cakram, akan stabil ketika dibutuhkan pengereman mendadak.

7. Viar Cross X 150 Standar
Sesuai namanya, motor trail ini memang dibekali kapasitas mesin standar. Di motor ini sudah terpasang mesin 4 tak SOHC berkapasitas 149cc. Mesin ini mempunyai daya maksimal 7.5 KW/7500rpm dan torsi maksimal 9.8 N.m/7000rpm.

Untuk berakselerasi di medan yang tidak rata, Viar Cross X 150 Standar memasang suspensi depan jenis upside down. Sedangkan di bagian belakang menggunakan monoshock unitrack system.

Untuk safety, di bagian depan maupun belakang sudah disematkan rem cakram.

Selain handal dalam kondisi ekstrem, motor trail terbaik juga mumpuni di jalan beraspal. Hanya saja braaapers perlu mempertimbangkan harga motor trail yang disesuaikan dengan kebutuhan. (day)