Review

WP Cone Valve Forks dan Trax Shock: Teknologi Suspensi dengan Peredaman yang Maksimal

By: VMX Media | 11/10/2022
WP Cone Valve Forks dan Trax Shock: Teknologi Suspensi dengan Peredaman yang Maksimal

NEWS.VMX.ID – Salah satu hal yang sangat penting diperhatikan dengan baik pada saat berkendara di medan yang penuh dengan tantangan yang beragam adalah suspensi. Umumnya motor trail KTM, Husqvarna, dan GasGas menggunakan WP suspension.

WP meningkatkan beberapa komponen pro yang diuji di acara Cross-Country Hawkstone Park baru-baru ini. Adapun hal yang diujinya adalah kualitas konsistensi peredaman dari Garpu WP Cone Valve dan kejutan Trax.

Rider’s enduro menyebutkan bahwa Garpu MXMA 4800 Cone Valve lebih memungkinkan kinerja redaman yang hampir tidak terbatas berkat sistem katup yang unik. Pengaturan sistem redaman konvensional merupakan kompromi antara kenyamanan dna ketahanan mendasar. Teknologi Cone Valve memungkinkan kedua faktor tersebut dikontrol dengan perilaku redaman yang luar biasa dalam berbagai kondisi berkendara.

Terbuat dari bahan dan pelapis berkualitas tinggi, garpu Cone Valve hadir dengan pegas yang lebih keras dan lebih lembut di dalam kotak dan dapat disesuaikan untuk setiap bobot pengendara, gaya berkendara, dan kondisi. Selain itu, kelebihan dari garpu Cone Valve adalah kemampuannya dalam meredam guncangan saat melewati gundukan kecil dan bebatuan sehingga pengendara bisa merasakan kenyamanan. Adanya penyerapan bump-stop pada lompatan besar juga memungkinkan kendali yang lebih leluasa.

Untuk suspensi belakang, ada Shock Absorber BAVP 4618 Trax PDS yang merupakan peredam kejut paling inovatif di pasaran. Unit Trax kompak secara signifikan meningkatkan cengkeraman roda belakang dan telah berhasil diterapkan oleh tim balap pabrikan. Peredam kejut Trax ini tersedia untuk PDS dan sistem hubungan suspensi tipe tautan.

Secara umum, hal ini membuat berkendara lebih hidup akselerasinya dalam mengatasi trek yang kasar. Tipikal suspensi yang mumpuni dengan peredaman yang lebih terasa ketika terjadi hentakan atau pukulan keras. Peredamannya mampu membuat roda tidak liar dan posisi motor stabil. Alhasil, rintangan lebih mudah dan lebih cepat dilalui. Semuanya lebih terkontrol, motor tetap datar di gundukan, dan menyerap pukulan besar dengan sangat baik.

Kisaran penyesuaian adalah bonus juga. Gareth Edmunds dari WP menyarankan beberapa perubahan kecil untuk membantu motor duduk lebih rata. Meskipun perubahannya kecil (hanya dengan beberapa klik), mereka langsung efektif dan hal itu dapat membuat kita lebih percaya diri untuk berkendara dengan cepat.

WP Cone Valves dan unit Trax bukan hanya untuk KTM dan Husqy saja, melainkan juga dapat diaplikasikan pada semua merek motor motocross.