Review

Inilah Kisah di Balik Penampakan Kove FSE 450R di Rally Paris Dakar

By: VMX Media | 19/05/2023 | 474
Inilah Kisah di Balik Penampakan Kove FSE 450R di Rally Paris Dakar

Written by: Munandar Nuch Arsih

VMXMedia.ID – ADA motor anyar yang pertama kali terlihat di kejuaraan Paris Dakar Rally 2023. Usut punya usut, itu adalah merek Kove. Motor besutan Cina ini dikendarai tiga pembalap pemula yang bersaing dalam event tersebut. Ketiganya berhasil menyelesaikan 14 tahapan balap menggunakan motor tersebut.

Motor rally off-road ini, diperkenalkan pada September 2022, dan digunakan pertama kali di Paris Dakar Rally 2023. Langkah berani untuk tampil di event bergengsi tersebut bukanlah ujian yang mudah untuk dilalui. Motor tersebut melalui lebih dari 5.000 mil tes khusus, dengan perjalanan melalui gurun Arab Saudi yang brutal.

Pembalap melalui rintangan demi rintangan dalam Paris Dakar Rally menggunakan Kove hampir setiap hari. Paris Dakar Rally tahun ini penuh dengan rute yang tergenang air dan tahapan gundukan pasir yang masif.

Kove memiliki tampilan body yang rapih, dengan sasis dan pelat karbon untuk melindungi komponen penting. Motor ini memiliki mesin satu silinder berukuran 448,9cc, dan kapasitas oli berukuran 1,8 liter.

Dalam hal mesin, Kove bekerjasama dengan Zongshen, perusahaan yang memasok lebih dari satu juta mesin sepeda motor dalam setahun. Bahkan, Kove bekerja dengan Zongshen untuk mengembangkan versi twin-cam dengan performa lebih tinggi dari powerplant yang ada. Pengembangan tersebut mencakup transmisi enam kecepatan, penyeimbang, injeksi bahan bakar, dan kopling basah multi-cakram dengan penggerak kabel.

Kove Moto didirikan pada tahun 2017 oleh mantan pembalap motocross, Zhang Xue. Saat ini, Kove Moto menjual 17 model mesin ADV, jalanan, dan off-road, termasuk dua versi motor rally. Merek tersebut menjual lebih dari 20.000 sepeda motor secara global pada tahun 2021, dengan 75% terjual di China.

Kru USA Motortoys bersama CN menguji selama balapan Hard Enduro Grinding Stone AS, dengan dua motor Kove FSE 450R Rally. Pengujian tersebut menghabiskan waktu beberapa jam di berbagai trek pasir dan tanah yang padat. Dari segi performa, Kove adalah motor yang sangat menyenangkan dan mumpuni. Motor ini memiliki peralatan yang diperlukan untuk menunjukkan daya tahan yang layak.

Kove memiliki sikap yang lebih utilitarian dalam hal pengiriman daya. Dengan jumlah rpm yang tinggi, Kove pun menghasilkan tenaga yang menyenangkan dan tidak terlalu sulit untuk dimanipulasi.

Saat ini, Kove FSE 450R Rally sedang diimpor ke AS oleh USA Motortoys yang berbasis di Utah, yang juga mengimpor sepeda motor off-road GPX Moto. Akan ada versi balapan lengkap juga. Mau mencobanya, braaapers?