BANDUNG, VMXMedia.ID – Ini belum menginjak pertengahan tahun, namun Honda sudah memperbarui jajaran model inti mereka, model CRF 450/250 R dan RX. Banyak pembaruan yang dilakukan perusahaan Jepang ini, terutama pembaruan pada sasis, rangka, suspensi dan tenaga yang lebih besar.
Seperti dilaporkan Enduro21.com, terjadi peningkatan signifikan untuk CRF450R, CRF450RX, CRF250R dan CRF450RX edisi 2025, yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas dan kontrol saat menikung.
Pembaruan mesin dilakukan dengan meningkatkan keluaran tenaga melebihi rpm puncak, dan menghasilkan lebih banyak torsi dan akselerasi, terutama pada rpm menengah hingga tinggi. Semua selubung dan penutup samping yang ringan dan baru CRF250R dan CRF250RX mewarisi kontrol torsi pilihan Honda dari CRF450R.
Honda mengatakan, inti dari perubahan ini adalah rangka aluminium twin spar 70% baru. Ia memiliki tabung depan bawah yang didesain ulang, spar, pelat pivot baru, dan dudukan shock atas yang menurut mereka menghasilkan peningkatan torsi sebesar 8% dan peningkatan kekakuan lateral sebesar 5%, sehingga meningkatkan stabilitas menikung.
Rangka MY25 (model tahun 2025) juga dilengkapi titik pemasangan subframe baru, kuk atas dan bawah, serta penjepit poros roda depan. Klemnya menahan garpu depan Showa 49mm baru yang juga meningkatkan kontrol mulai dari gerakan awal hingga akhir. Garpu tersebut dipasangkan dengan shock Showa belakang baru dan rasio linkage Pro-link.
Velg aluminium DID hitam tetap ada tetapi kini dilengkapi kaliper rem depan dua piston baru yang dikembangkan dari pengalaman balap HRC, yang dilengkapi piston baru dan alur segel piston untuk memberikan peningkatan signifikan dalam kinerja pengereman saat panas.
Pembaruan mesin
Mesin mendapat manfaat dari pengaturan injeksi baru, poros engkol yang didesain ulang, dan revisi ekstensif pada jalur masuk dan keluar. Poros engkol baru lebih kaku di sekitar pin engkol dan berputar lebih cepat. Peningkatan aliran udara juga menyebabkan udara ditarik lebih banyak langsung ke mesin melalui saluran masuk, kotak udara, dan saluran masuk, sehingga mengurangi hambatan dan meningkatkan kontrol throttle dan akselerasi.
Sistem pembuangan, yang mencakup knalpot baru yang lebih kuat, memiliki pipa header baru yang lebih panjang di bagian awal knalpot serta jalur keluar yang lebih lurus dan mulus sehingga meningkatkan keluaran tenaga dan akselerasi pada kisaran menengah hingga tinggi.
Mereka menampilkan pemetaan injeksi bahan bakar ECU yang unik untuk enduro dan mempertahankan tangki bahan bakar plastik delapan liter (dibandingkan dengan tangki titanium 6,3L milik ‘R’ rekan-rekan mereka), sidestand aluminium tempa, dan pelindung tangan sebagai standar.
Sayangnya, Honda belum mengumumkan berapa harga edisi 2025 ini, braaapers. Tapi paling tidak, bersiap-siap dengan teknologi serbabaru ala Honda ya. Gaskeuun. (day)