VMX.ID – Sebagai MX lovers, Anda sudah pasti mengenal motor trail pabrikan Honda CRF 150L kan?
Ya, motor trail Honda CRF 150 L itu termasuk unit yang tergolong laris manis di pasar otomotif, terutama untuk di wilayah Indonesia.
Meski begitu, tak sedikit juga yang masih bertanya-tanya sebenarnya sebagus apa motor trail Honda CRF 150 L tersebut dan apa sih keunggulannya.
Nah, hasil riset yang sudah dilakukan Astra Honda Motor (AHM) sebelum peluncuran sudah pasti bikin Honda CRF 150 L punya berbagai keunggulan dibanding kompetitor mereka.
Apa saja kelebihannya? mari kita simak dari penjelasan Akihiro Momiyama, Large Project Leader CRF 150 L, dari Honda R&D Co., Ltd. Motorcycle R&D Center.
Melansir Kompas.com, Akihiro mengatakan, konsep CRF 150 L adalah sepeda motor on road atau off road.
Jadi desainnya diarahkan untuk jadi teman asik blusukan ke wilayah “keras” sekaligus legal dibawa ke jalan raya karena sudah dilengkapi sein, pelat nomor, spion, serta tambahan kenyamanan bikers.
Walaupun mesinnya 150cc, CRF 150 L sudah mengenakan ukuran pelek full-size yakni depan 21 inci dan 18 inci di belakang.
Kedua pelek itu dibuat dari bahan aluminum. Selain untuk mengejar efisiensi bobot, juga buat kestabilan berkendara.
Suspensi depan menggunakan upside down merek Showa, sedangkan di belakang monoshock pro-link.
Travel suspensi depan dan belakang dibuat jauh buat kenyamanan saat injak jalan jelek, selain itu tinggi jok juga dibuat lebih bersahabat buat rata-rata tinggi orang Indonesia.
Panel dasbor digital menampilkan satu warna yang terang buat memudahkan pengamatan bikers.
Akihiro menjelaskan, mengukur kecepatan pada speedometer tidak lagi menggunakan kabel ke roda depan melainkan ke mesin.
Fitur lainnya, cakram bergelombang, setang standar yang bisa diatur maju-mundur, stiker backprint yang menghindari bodi lecet karena pasir atau krikil, kait helm, foot step lebih besar dengan tambahan step rubber, engine hanger, boks kecil penyimpanan barang, dan internal pompa bensin di tangki bahan bakar yang berukuran 7,2 liter.
“Saya membayangkan para konsumen menikmati produk pada saat weekend dan liburan. Di mana pada saat nyata menikmati off-road,” ujar Akihiro.
Spesifikasi
Dimensi Panjang X Lebar X Tinggi : 2.119 X 793 X 1.153 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.375 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 285 mm
Jarak Tempat Duduk : 869 mm
Berat Kosong : 122 kg
Kapasitas Tanki Bahan Bakar : 7.2L
Mesin
Tipe Mesin : 4-Langkah, SOHC, Satu Silinder
Tipe Pendinginan : Pendingin Udara
Sistem Suplai Bahan Bakar : PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Volume Langkah : 149.15 cm3
Diameter X Langkah : 57.3 x 57.8 mm
Perbandingan Kompresi : 9.5:1
Daya Maksimum : 9,51 kW(12,91 PS)/8.000 rpm
Torsi Maksimum : 12,43 Nm(1,27 kgf.m)/6.500 rpm
Tipe Transmisi : 5-Speed
Pola Pengoperan Gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Tipe Starter : Pedal dan Elektrik
Tipe Kopling : Manual, Multiplate Wet Clutch Tipe
Minyak Pelumas : Basah Kapasitas Minyak Pelumas : 1.0 Liter (Penggantian periodik)
Rangka
Tipe Rangka : Semi Double Cradle
Jenis Velg : Aluminium
Ukuran Ban Depan : 2.75 – 21 45P (Ban Dalam)
Ukuran Ban Belakang : 4.1 – 18 59P (Ban Dalam)
Rem Depan : Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 240 mm)
Rem Belakang : Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 220 mm)
Tipe Suspensi Depan : Inverted Telescopic Front Suspension (Diameter 37 mm & Stroke 225 mm)
Tipe Suspensi Belakang : Monosuspension with Pro-Link Suspension System (Axle Travel 207 mm)
Kelistrikan
Sistem Pengapian : Full Transisterized Tipe Baterai/Aki : MF Wet 12 V 5 Ah Tipe Busi : NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9.