Sisi Teknis Ducati Desmo 450 MX yang Bikin Penasaran Publik Soal Performanya

By: VMX Media | 07/02/2024
Sisi Teknis Ducati Desmo 450 MX yang Bikin Penasaran Publik Soal Performanya
Foto : mxbars.com

VMX Media – Prototipe Ducati Desmo 450 MX yang baru saja diperkenalkan ke public, diproduksi dengan kualitas terbaik dari segi komponen, bagian lasan pada fitur logam tidak kasar bekas gerinda, Sistem suspensi Showa lebih diatas dari level kit A yang sangat khusus. Untuk Silinder master rem dan kopling Brembo, elektronik, knalpot, dan lainnya, akan memulai produksinya pada pertengahan tahun 2025. 

Berikutnya pembahan soal perangkat fitur yang mengandung bahan plastik yang bernilai estetika. Ducati tampil beda soal diameter ukuran spatbor depan dan belakang yang umumnya terlalu besar. Oleh Ducati terpasang dengan ukuran lebih ramping namun memaksimalkan menahan kotoran dan efek aerodinamikanya lebih maksimal. 

Ducati formulasikan plastik dari segi ukuran dan fungsinya, dari segi estetika spatbor depan lebih aerodinamis. Ukuran bagian bodi plastic mulai dari spatbor depan, penutup tangka, bodi motor  hingga spatbor belakang lebih kuat unsur memulihkan lumpur karena efek giroskopik roda, dengan sistem conveyor. Sistem tersebut, ,membuat sisi-sisi motor terjepit di antara kaki-kaki dan tempat ditempatkannya filter udara. 

Bicara soal ciri teknis lainnya, bobot motornya sekitar 100 kg, bobot mesinnya akan di konsentrasikan lebih ringan. Teknologi Desmo mengalami peningkatan daya putaran mesin dengan porsi bobot bagian bubungannya yang memiliki inersia lebih sedikit,jadi lebih maksimal. Artinya, ketika pengendara menaikan gigi dan mempertahankan gigi, contohnya saat berada pada 2000 rpm. 

Selanjut pada bagian rangka dan juga lengan ayun, dengan pilihan perimeter aluminium untuk menampung pengembangan mesin dan mencapai bobot yang maksimal. Bagian rangka di bagian atas memang lebih sedikit lasan yang hanya berjumlah tiga titik.Bagian hanya dengan sambungan satu bagian dan sambungan rendah serta sambungan tuas rem belakang yang masuk ke swingarm lebih panjang untuk memberikan stabilitas terbaik.Pada lengan ayun juga dengan proses casting yang unik, yaitu bagian bawah ada sisipan yang dibuat untuk lebih fungsional, berlubang bagian dalam agar terasa ringan. Juga, bagian fitur pendukung  lengan ayun dengan plastik dengan tingkat peredaman maksimal.

Soal bagian fitur elektronik, Ducati berusaha menyediakan sarana bagi penggunanya lebih memudahkan namun mendapatkan sensasi istimewa. Pada unit motor Prototype Factory yang kemarin dipamerkan memiliki elektronik yang berbeda dari seri yang akan ada, Ducati memiliki pengalaman berlimpah dengan sistem elektroniknya. Sepertinya Ducati Desmo450MX akan disipkan platform untuk pengendara umum dan professional, dalam pengertian dengan pilihan spesifikasinya. 

Argumen Ducati yang membawa ke dunia Off-Road adalah tantangan dengan semangat tinggi,dari pengalaman dibidang kompetisi professional ke produk jadi untuk umum. Makanya Ducati lebih mengentalkan tujuan berkompetisi adalah untuk mengembangkan motor produknya menghadirkan pilihan teknologi pada sepeda motor standar, dengan material tingkat tinggi, dengan kata kuncinya passion khas Ducati. Makanya muncul opini, ketika mengendari motor Ducati energi yang hadir sangat berbeda karena keistimewaan produknya.
Bahkan target Ducati Offroad juga akan berkonsentrasi mengikuti agenda kompetisi di kejuaraan AMA USA pada tahun 2026. Rumornya seperti yang dilaporkan mxbars.com, petualangan Ducati di kompeti AMA Supercross dan Supermotocross berkaitan dengan munculnya nama Ken Roczen, benarkah? Tahun 2026 nanti Ken Roczen berusia 32 tahun. ( nan