Ritual Perawatan Wajib Dilakukan  Setelah Berkendara Off Road

By: VMX Media | 01/09/2022 | 442
Ritual Perawatan Wajib Dilakukan  Setelah Berkendara Off Road

NEWS.VMX.ID – Perawat motor adalah kuncian untuk memdapatkan pemakaian usia lebih Panjang.  Di mana pun dan bagaimana berkendara, merawat motor adalah penting agar berfungsi dengan baik dan maksimal.

Sebagai tim balap dan bengkel profesional, mereka terbiasa melucuti dan menyiapkan segala sesuatu mulai dari motor Enduro,Rally, SuperEnduro, Trials, dan berkendara di jalanan. Setelah berkendara, wajib melakukan ritual untuk menjaga kualitas motor maksimal dan lebih awet.

1. Membersihkan Akses bersihkan Kotoran

Langkah awal, membersihkan filter udara, dengan proses membersihkan kotak udara. Kemudain buka tangki bahan bakar agar lebih leluasa mengakses kotoran dibagian mesin dan sasis.

Bagian lain yang harus dicopot adalah skidplate. Seperti halnya tangki bahan bakar, banyak kotoran yang terkumpul di sini dan juga tidak akan membiarkan Anda membersihkan bagian bawah mesin.

2. Luas bersih dan kering

Langkah kedua adalah membersihkan motor lebih intensif adalah menghilangkan lumpur terburuk dengan memberikan perhatian khusus pada area di mana kotoran menempel dan sulit dijangkau. Lokasinya di belakang kepala knalpot, di sekitar bagian depan lengan ayun atau di dalam kaki garpu bawah dan sambil memperhatikan agar nozzle jet wash tidak terlalu dekat dengan seal apa pun. Letakkan motor di setiap sisi untuk mengakses kotoran dari semua sudut.

Mengeringkan motor sama pentingnya dengan membersihkannya dan bahkan lebih. Karena motor saat ini banyak komponen elektronik dalam tiap unitnya. Idealnya menggunakan kompresor udara untuk mengeringkannya dan memberikan perhatian khusus pada elektronik di bawah jok dan titik-titik di sekitar mesin dan sasis di mana air dapat menumpuk.

Bersihkan jok, tangki bahan bakar dan skidplate secara terpisah, idealnya hanya dengan air, sabun dan spons dan keluarkan sendok radiator untuk mengeluarkan lumpur atau rumput.

Lalu hidupkan mesin selama beberapa menit untuk menghangatkannya dan mengeringkannya setiap air yang terkumpul.

Lalu tahap berikutnya merupakan praktik umum untuk menyemprot sepeda dengan semprotan perawatan pada mesin, bagian yang bergerak seperti pijakan kaki dan pegas, ujung tuas kaki. Dimulai menjalankannya dengan gigi (pastikan stabil!) untuk membuang kelebihan air dari rantai dan kemudian menerapkan beberapa pelumas rantai.

3. Ganti oli

Langkah selanjutnya adalah mengganti oli, setelah melakukannya setelah setiap balapan.Untuk motor empat langkah, jangan lupa mengganti filter oli, untuk motor dua langkahbisa melewatkan penggantian filter oli.

Trik penggantian oli mesin 4-tak: mengisi bagian tengah filter oli, memasangnya, mengganti penutupnya, dan kemudian dengan lembut menekan starter tanpa menghidupkan motor. Langkah umum di kalangan mekanik pabrikan, Dengan melakukan pengisian oli agar  pompa tidak akan kering akan lebih mudah bersirkulasi di dalam.

Disarankan menambah sedikt takaran oli dari rekomendasi pabrikan motor, untuk menutupi kekurangan pelumas akibat penggunaan ekstrim dan suhu udara.

4. Periksa apakah semuanya berada di tempat yang seharusnya

Setelah memasukkan ‘darah’ baru ke dalam mesin, tugas selanjutnya adalah memeriksa semua bautnya kencang. Kunci torsi akan sangat berguna untuk langkah ini, dengan cara ini dapat mengencangkan setiap baut sesuai spesifikasi pabrikan.

Poin-poin penting yang harus diperhatikan adalah: pedal rem belakang, tuas rem dan kopling, triple clamps, setang, engine, subframe, engine mount, as roda depan dan belakang. Tapi jangan lupa untuk memeriksa semuanya.

Terakhir, periksa ketegangan jari-jari pelek depan dan belakang dan sekali lagi yang terbaik adalah menggunakan spesifikasi torsi pabrikan dan kunci pas torsi jari-jari mini. Proses metodis untuk menghindari kehilangan dan memastikan roda tetap benar, dimulai dari kunci pelek.

Memeriksa jari-jari sangat penting jika memiliki motor baru karena cenderung mudah lepas.

5. Periksa cairan dan rem

Langkah terakhir adalah memeriksa cairan cairan pada motor. Mulailah dengan memeriksa level cairan pendingin (setelah mesin dingin) dengan membuka tutupnya untuk melihat levelnya tepat di atas sirip radiator bagian dalam.

Sebagian besar dari kita cenderung tidak terlalu memperhatikan minyak rem tetapi sangat disarankan untuk menggantinya secara teratur karena kontaminan (kotoran, udara, air) sangat mudah masuk ke sana.

Saat melakukan ini, periksa bantalan kampas rem secara visual untuk melihat bagaimana kinerjanya untuk ketebalan bantalan kampas rem, tetapi juga untuk membersihkan kotoran dari belakang bantalan di kaliper.

Selesai dengan proses ini, jalankan mesin selama beberapa menit sebelum mematikannya dan periksa level oli dengan melihat melalui jendela pengintip di bak mesin motor.