Review

Kenapa Ban Motor Off Road Bertapak Kasar? Wajib Paham Tipenya 

By: VMX Media | 26/12/2022
Kenapa Ban Motor Off Road Bertapak Kasar? Wajib Paham Tipenya 

NEWS.VMX.ID – Ban motor off road adalah bagian penting yang harus diperiksa dengan seksama ketikan akan berkendara off road.  Syarat utamanya kembangan atau patern kenopnya tingkat ketinggiannya harus berada pada posisi standar optimal.

Pastikan kondisi  pola tapak kasar ban, agar keoptimalan daya cengkeram maksimal di trek bebatuan dan lumpur. 

Pola tapak kasar pada ban off road

Umumnya, ban off road punya pola tapak yang kasar  yang dirancang untuk kondisi trek cenderung extreme dan menantang. Perhatikan tingkat kedalaman tapak  yang signifikan  dengan bagian tepi  kenopnya menggigit pada blok tapak secara kuat. Pola dan desain tapak ban motor off road sangat bervariasi, pada setiap pabrikan. Polanya dengan memiliki agresivitas sebagai karakteristik sesuai kebutuhan, misalkan untuk motocross dan Enduro.  Pola tapak kasar inilah yang membuat ban off road bisa melewati trek ekstrem.

Ban motor off-road biasnya dibagi dalam dua katagori berdasarkan polanya, seperti pola wide dan narrow. 

Karena  ban menjadi komponen utama pada motor trail, motocross dan enduro dengan fungsi sangat penting, yaitu menggerakkan kendaraan. Ban, dalam proses produksi, disiapkan untuk berbagai kebutuhan. Dua tipe ban off road yang dimaksud adalah:

– Pola wide Jenis ini menunjukan tingkat traksi dengan jalan. Semakin lebar atau wide suatu ban, maka kontak traksi dengan lintasan akan semakin tinggi. Makanya ban off road model wide punya traksi dan grip lebih besar dan cocok untuk melintasi  lintasan berlumpur yang dalam

Pola Narrow Ban berpola narrow berkarakter memberikan lebih kuat atau lebih banyak tekanan traksinya untuk mencengkram lebih fokus di trek. Jenis narrow dengan ciri pola kenopnya lebih kecil dan lebih fokus agar berat kendaraan dipindahkan ke tanah, makanya sangat maksimal digunakan di karakter lintasan kontur tanahnya licin.

Pabrikan ban biasanya dengan kedua tipe pola ban tersebut telah menghitung  indeks tingkat kecepatan, saya cengkeram pada trek off road yang bervariasi.

Sensasi berkendara off road sangat berbeda jauh dengan ban on road, dari tingkat tantangan berikut suasananya. Makanya, ban off road model apapun sangat dilarang keras digunakan di aspal, selain beresiko tinggi juga tidak bikin nyaman berkendara.