Review Motor Listrik Sur Ron Ultra Bee 2024: Selangkah Lebih Dekat ke Motor Ukuran Penuh

By: VMX Media | 20/03/2024
Review Motor Listrik Sur Ron Ultra Bee 2024: Selangkah Lebih Dekat ke Motor Ukuran Penuh
Foto: e-scooter.com

BANDUNG, VMXMedia.ID – Motor listrik bukan lagi sekedar sesuatu yang ada di masa depan. Mereka ada di sini sekarang. Salah satu yang ada di garda terdepan motor listrik enduro dan trabasan adalah Sur Ron. Tim penguji dari Dirtbikemagazine.com belum lama ini menjajal Surron Ultra Bee keluaran terbaru 2024, dan amat terkejut dengan keseluruhan capaiannya.

Sur Ron Ultra Bee bisa dibilang selangkah lebih dekat untuk menjadi sepeda motor trail ukuran penuh baik dalam hal tenaga maupun skala. Muncul dengan roda 19 inci dan memiliki motor AC 12.500 watt, beratnya sekitar 86 kg. Kecepatan tertinggi mencapai 88-93 KM/jam, namun dengan baterai penuh dan kondisi traksi yang sempurna selama pengujian, kecepatan bisa menembus 100 KM/jam pada beberapa kesempatan. 

Sekadar referensi, ini akan mirip dengan sepeda motor trail kelas 85cc atau supermini. Ultra Bee memiliki ukuran lebih tinggi dari mini. Ini lebih seperti awal 125 dan cocok untuk orang dewasa ukuran penuh dengan nyaman. Sebagai gambaran, model motor listrik seperti Sur Ron Light Bee, Talaria Sting, dan Rawrr Mantis memiliki daya sekitar setengah dalam watt dan beratnya sekitar 22 KG lebih ringan. 

Ultra Bee menggunakan suku cadang sepeda motor ukuran penuh di area-area utama. Garpu dan shock dibuat oleh perusahaan bernama KKE dan memiliki jarak tempuh hampir 10 inci. Remnya terlihat seperti model Nissin yang ditemukan pada sepeda motor trail saat ini, dan ukuran as serta rotor remnya sama dengan yang digunakan pada Honda CR125. Velgnya cukup sempit, dan keduanya berukuran 19 inci, memberikan Ultra Bee tampilan seperti motor trail biasa dan memerlukan sedikit waktu penyesuaian untuk kelompok sepeda motor trail hard-core.

Ban dan velg merek CST berukuran sempit dengan kenop yang sangat kecil, membuat traksi menjadi sulit di beberapa kondisi off-road dengan tenaga penuh. Dengan kata lain, ia berputar. Di sinilah opsi kontrol traksi Ultra Bee yang dapat disesuaikan berperan. Dengan waktu dan kesabaran, pengaturan kontrol traksi dapat disesuaikan untuk secara drastis mengurangi putaran roda belakang karena tenaga.

Motor memiliki kotak reduksi primer dengan sabuk internal yang terhubung ke rantai penggerak akhir. Tidak ada kopling, tidak ada shifter dan tidak ada rem kaki, hanya rem tangan. Ini adalah item lain yang memerlukan waktu penyesuaian bagi kita yang terbiasa menggunakan sepeda motor trail. Sakelar setang memungkinkan braaapers memilih di antara tiga tingkat daya –Eco, Harian, dan Olahraga. 

Kabar baiknya adalah, baterainya dapat diganti dalam hitungan menit, dan pengisian penuh membutuhkan waktu empat jam dengan stopkontak 110 volt. Kabar buruknya, harga baterai cadangan hampir separuh harga sepeda motornya. Braaaapers harus membatasi perjalanan hingga sekitar 48 KM. 

Mau tahu harganya, braaapers? Ultra Bee memiliki harga eceran yang disarankan (MSRP) sebesar USD 6.500 atau sekitar Rp102 juta. (day)