Review

Rem Deskompresi Motor Motocross Banyak Membantu, Ini Dia Penjelasannya

By: VMX Media | 16/05/2022 | 678
Rem Deskompresi Motor Motocross Banyak Membantu, Ini Dia Penjelasannya

VMX.ID – Teknik mengurangi kecepatan ketika akan memasuki tikungan salah satunya adalah engine brake, yang merupakan bagian dari rem dekompresi. Teknik tersebut juga digunakan oleh pengendara berpengalaman untuk mengurangi kecepatan sebelum menekan atau menarik tuas rem. Rem deskompresi lebih kuat digunakan pada mesin motor 4Tak.

Dalam kompetisi, Teknik ini selaim mengurangi kinerja rem juga lebih mumpuni untuk mempercepat percepatan di tikungan.Otomatis, perolehan waktu dan peluang untuk melewati pesaingnya lebih mudah dicapai. Berikut ini hal yang perlu diketahui tentang rem deskompresi.

  • Pengereman mesin, juga dikenal sebagai pengereman dekompresi, terjadi ketika mengurangi penggunaan rem, dan merupakan kelebihan dalam mesin empat langkah digunakan untuk memperlambat kendaraan. Deskompresi atau engine brake terjadi pada saat motor dalam keadaan gigi dengan kopling aktif dan gas dimatikan. Tidak seperti mesin dua langkah, yang memiliki dekompresi sangat minim pada bagian mesin yang bergerak, sedangakan mesin empat langkah harus melawan tekanan dan gesekan internal saat melambat. Ketika rpm mesin melambat lebih cepat daripada roda belakang. Otomatis roda belakang kemudian menggerakkan mesin sementara mesin bekerja melawannya untuk memperlambatnya.
  • Cara kerjanya. Daya tekanan dalam mesin meningkatkan pengereman mesin dan mengurangi kinerja mesin. Dengan menetralkan tekanan udara di blok mesin dan silinder, dapat membebaskan bagian yang bergerak. Dengan begitu, membuat mesin tidak terlalu terikat saat tingkat percepatannya berkurang. Di satu sisi, pengereman dekompresi merupakan nilai tambah karena berfungsi sebagai rem tambahan untuk memperlambat sepeda. Di sisi lain, pengereman dekompresi menghentikan mesin dari freewheeling melalui sudut, memaksa jenis tindakan stop-and-go. Ini adalah kebalikan dari bagaimana mesin dua langkah membawa momentumnya membelokan kemudi motor.
  • Selang pernafasan yang keluar dari atas menara camshaft ada untuk melepaskan tekanan dari dalam engkol dan ruang bakar. Pada gilirannya memungkinkan mesin untuk beroperasi lebih efisien. Selama bertahun-tahun, usia mesin, tabung pernapasan menjadi lebih besar untuk melepaskan tekanan internal lebih cepat. Jika tabung tersumbat oleh kotoran, biasanya akan menyebabkan kebocoran oli pada seal bagian mesin yang paling lemah.
  • Pro dan kontra. Pengereman mesin mungkin tidak tampak seperti aspek penting dari penyetelan mesin, tetapi ini memainkan peran yang lebih besar dari yang Anda harapkan. Pembuat mesin dan pengendara uji mempertimbangkan jumlah pengereman dekompresi yang berbeda untuk menemukan jumlah optimal untuk setiap lintasan. Pengereman mesin yang lebih banyak membantu pengendara melambat lebih cepat saat menikung, sementara pengereman mesin yang lebih sedikit memungkinkan alat berat berputar lebih bebas di tikungan untuk menjaga momentum. Roda belakang yang dapat berputar bebas meluncur di atas gundukan dengan lebih mudah, sementara engine brake yang lebih kuat menyebabkan beban kejut menjadi lebih berat dan menjadi lebih kaku saat deselerasi. Hal ini menyebabkan bagian belakang menendang melewati gundukan alih-alih berguling dengan mulus. Untuk menghindari wheel hop, banyak pengendara menunggu hingga detik terakhir untuk menurunkan gigi dan kemudian menggunakan pengereman dekompresi bersamaan dengan rem untuk memperlambat.
  • Kerja mesin empat tak pertama kali diperkenalkan, pengereman dekompresi membutuhkan penyesuaian besar di pihak pengendara. Pada masa itu, motor dua tak yang digunakan memiliki pengereman mesin yang minim. Seiring popularitas mesin empat Tak tumbuh berkembang, pabrikan berupaya mengurangi gesekan pada mesin empat Tak untuk mengurangi pengereman mesin . Alasan pabrikan motor,membuat motor terasa lebih seperti dua tak ketika memasuki tikungan. Untuk melakukan ini, pabrikan telah mengimbangi silinder beberapa milimeter ke arah sisi knalpot dan engkol (sekitar 12mm). Juga membentuk mensin lebih Panjang diameternya yang bertujuan membantu motor lebih banyak meraih freewheel. Jika memperpanjang batang penghubung, tanpa mengubah lubang dan langkah, mengakibatkan kurangannya daya dorong sisi piston di dinding silinder. Maka, menghasilkan lebih sedikit hambatan pada bagian kerja mesin untuk mengurangi gesekan; gesekan lebih sedikit berarti penurunan engine brake.
  • pemetaan ECU alat elektronik, sebagai otak power mesin motor injeksi yang mengkontrol kekuatan pengereman mesin. ECU bekerja untuk memperkuat atau melemahkan jumlah pengereman mesin yang dimiliki mesin empat langkah injeksi. Teknisnya, dengan memanipulasi waktu pengapian dan jumlah bahan bakar yang digunakan berdasarkan apa yang dibutuhkan mesin pada rpm tertentu.
  • yang terpasang pada mesin empat langkah,untuk memberikan perasaan roda lebih bebas. Slipper clutch bekerja melepaskan kopling saat mesin mengalami perlambatan yang signifikan. Proses ini dapat membebaskan suspensi belakang dan membantunya memutar lebih efisien dengan mengurangi torsi rantai. Jangan bingung antara slipper clutch dengan auto clutch, karena slipper akan mengaktifkan kembali kopling saat efek deselerasi mendekati nol. Jika itu terjadi, berarti pengendara harus menarik kopling agar tidak macet.
  • Di Supercross, pebalap menggunakan pengereman mesin untuk mengubah sudut sasis di udara sehingga mereka dapat melompat dan segera melambat untuk membuat tikungan tajam. Pengereman mesin memperlambat putaran roda belakang di udara, seperti halnya menyentuh rem belakang, untuk menurunkan roda depan dan memungkinkan pebalap untuk menambah lebih banyak gas dan melaju lebih cepat di bagian ritme tanpa takut kehilangan putaran.
  • Ketika melintasi jalur berkontur lembut dan berpasir , harus menambah ketahanan ekstra pada ban motor.Kontuk lintasan tanah lembut, membuatnya lebih sulit untuk berakselerasi dan lebih mudah memperlambat roda motor. Saat berkendara dalam kondisi lunak, pengurangan dekompresi membantu pengendara membawa lebih banyak momentum dengan menghentikan bagian depan. Jadi harus melakukan kombinasi pengereman mesin dan hambatan dari pasir.
  • Berbeda melintasi lintasan tanah lunak, kondisi berkendara dengan beban berat memberikan hambatan yang lebih kecil pada roda. Makanya memerlukan lebih sedikit tenaga untuk mempercepat atau memperlambat  motor. Pada trek yang padat, terutama trek dengan bekas roda, pengereman mesin lebih bermanfaat karena membantu melambatkan motor. Pada saat yang sama, ketika menekan suspensi depan, mampu mendorong ban depan untuk mempertahankan jalur.