Written by Shafar Tri Sulaksono
VMXMedia.ID – BAGI pengendara motor trail, mereka akan cenderung menggunakan kopling manual untuk perpindahan gigi motor atau perseneling. Terkadang memainkan kopling merupakan hal yang merepotkan, apalagi dalam berkendara adventure atau enduro.
Brand produk kopling asal Amerika Serikat, Rekluse, menghadirkan solusi untuk mencegah kerepotan dalam memainkan kopling, yakni Rekluse Auto Clutch, rancangan kopling otomatis yang dapat dipasangkan di motor trail untuk memudahkan pengendara.
Secara konsep dan cara kerja, Rekluse Auto Clutch tidak jauh berbeda dengan kopling otomatis yang ada pada motor bebek kebanyakan — yang hanya tinggal memasukkan gigi perseneling tanpa harus menekan tuas kopling. Meskipun cara kerjanya sama dengan kopling motor bebek, komponen yang digunakan jelas berbeda karena sistem sentrifugal-nya tidak seperti kopling ganda pada motor bebek yang diletakkan terpisah.
Dilansir blog.rekluse.com, Rekluse Auto Clutch memiliki clutch disk yang memberikan kinerja kopling secara otomatis, bernama EXP Clutch. Clutch disk tersebut diposisikan secara melingkar pada disk kopling. Kemudian, disk dirancang dan disetel untuk merespon peningkatan dan penurunan kecepatan mesin. Saat putaran meningkat, disk akan mengembang dan menghubungkan mesin. Saat kecepatan turun, irisan disk berkontraksi dan melepas penghubung ke mesin.
Kopling otomatis dari Rekluse dirancang untuk berbagai pengaplikasian dalam berkendara. Berikut adalah keuntungan menggunakan EXP Clutch pada motor trail.
1. Modulasi otomatis kopling memungkinkan melalui tikungan dengan perseneling tinggi dan traksi yang lebih baik dalam trek licin
2. Rem belakang dapat diterapkan sepenuhnya tanpa takut macet
3. Navigasi medan teknis lebih mudah
4. Tidak perlu khawatir ketika turunan dan tanjakan curam akan menghabiskan kampas kopling tidak perlu menjaga RPM motor untuk tetap jalan.
Dilansir akun Tiktok @mocilxtm88, EXP Clutch memiliki sistem yang langsung tertanam menjadi satu dengan rumah kopling sehingga tidak menambahkan berat komponen yang signifikan.
Cara kerjanya hampir mirip dengan puli yang terdapat pada roller dalam CVT motor matic, namun puli bertugas menekan v–belt. Sedangkan, EXP Clutch pada Rekluse bertugas menekan kampas dan plat kopling sehingga tenaga dari mesin bisa tersalurkan ke transmisi karena komponen saling menjepit.
Ketika oper gigi, perseneling tidak perlu menekan tuas kopling karena saat gas diturunkan sehingga EXP Clutch pun tidak akan menjepit kampas kopling dan memutus tenaga dari mesin.
Rekluse Auto Clutch terdiri dari dua jenis, yaitu Radius X dan Radius CX. Rekluse Auto Clutch sudah diperjualbelikan di Indonesia dengan kisaran harga Rp10 juta hingga Rp20 juta. Untuk seri Radius X, berkisar di harga Rp10 juta. Sedangkan untuk seri Radius CX, berkisar di harga Rp20 juta.
Gimana, tertarik buat coba Rekluse Auto Clutch, braaapers?