BANDUNG, VMXMedia.ID – Jika sudah merasakan sensasinya selama lima tahun terakhir ini, braaapers akan menyadari bahwa dorongan untuk membawa kendaraan roda dua ke dalam lumpur telah melanda komunitas sepeda motor seperti gelombang yang tidak terkendali. Pengendara lintas usia, ragam tingkat pengalaman dan bahkan berbagai kelas ekonomi, kini telah beralih ke off-road, bukan sebaliknya.
Menurut Motorcycle.com, bila dibanding motor-motor petualangan besar yang kini semakin banyak berseliweran, KTM 390 Adventure adalah motor mungil. Namun jangan salah, melihatnya berjalan di tengah keramaian kota, atau menerabas jalan tanah yang terjal, adalah kenikmatan tersendiri.
KTM 390 Adventure dilengkapi dengan beberapa komponen paling canggih dan dapat disesuaikan di pasaran, membuatnya lebih mumpuni dibandingkan kebanyakan sepeda ADV lain di kelasnya. Sebuah kelas yang beberapa tahun lalu dihuni oleh DRZ kuno, satu atau dua Honda, dan Kawasaki KLR yang sangat terawat.
Dengan berat yang dilaporkan 172 kilogram, dengan tinggi tempat duduk 85 centimeter dan 44 tenaga kuda, ini adalah untuk pengendara berukuran rata-rata. Namun harus diakui, dibandingkan dengan sepeda ADV lain di pasaran, KTM 390 ADV tidak terlalu tenaga pada kecepatan jalan raya, namun sangat kuat saat berkendara di luar jalan raya.
Secara umum, ini adalah kereta luncur tanah yang mumpuni, dibuat untuk pengendara yang lebih kecil, tanpa batasan untuk meminjam kemajuan teknologi atau silsilah balap dari merek andalannya. Jadi, walaupun kecil, ia mampu mewujudkan impian besar bagi pengendaranya. Gaskeuuun braaaapers pakai motor ini! (day)