Produsen Motor Asal China CFMoto Akan Hadirkan Penantang Serius Motor Tenere 700 dan Ducati DesertX

By: VMX Media | 02/02/2024 | 129
Produsen Motor Asal China CFMoto Akan Hadirkan Penantang Serius Motor Tenere 700 dan Ducati DesertX
Foto: Sindonews.com

BEIJING, VMXMedia.ID – Pabrikan motor China yang agresif mengeluarkan berbagai jenis sepeda motor, CFMoto, siap memperkenalkan varian terbaru motor petualangannya. CFMoto 800 MT-X –yang merupakan turunan 800 MT– sedang dipersiapkan dan akan segera memasuki tahap produksi. 

Seperti dilansir Sindonews.com yang mengutip dari Rideapart.com, 800 MT-X sudah diperlihatkan ke publik sebagai model konsep di EICMA, Milan, Italia, tahun lalu. Awal tahun ini,  CFMoto telah menerbitkan registrasi desain model tersebut.

Meski belum banyak informasi yang terungkap saat berada di Milan, diketahui bahwa 800 MT-X ditenagai oleh mesin parallel-twin KTM LC8 yang sama dengan yang ditemukan pada 800 MT (mesin yang sama yang digunakan pada KTM 790 Adventure). Sebagai catatan, CFMoto bertanggung jawab memproduksi 790 Duke dan 790 Adventure untuk pasar global. 

Namun, meskipun 800 MT berfokus pada penggunaan di jalan raya, 800 MT-X ditujukan untuk kemampuan off-road sebagaimana dikonfirmasi melalui sketsa desain yang dipublikasikan. Menariknya, versi MT-X ini terlihat lebih mirip dengan 790 Adventure dengan penggunaan sasis berjenis tubular-steel, termasuk susunan tangki kembar yang posisinya rendah. Meski desain tangkinya berbeda, posisinya tetap sama untuk memastikan pusat gravitasi yang rendah, sehingga mesin ini lebih mudah dikendalikan. 

Selain itu juga terdapat spakbor yang memang mirip dengan yang ada pada KTM 790 Adventure R. Namun yang juga menarik perhatian adalah hadirnya panel TFT meter vertikal berukuran 8 inci seperti yang terdapat pada 800NK. Layar posisi vertikal memang identik pada sepeda motor dual purpose seperti Yamaha Tenere 700 dan Ducati DesertX. Tak heran bila kemudian, motor ini digadang-gadang sebagai penantang serius Tenere dan DesertX.

Sementara itu, terlihat pula penggunaan velg depan 21 inci dan belakang 18 inci. CFMoto meningkatkan paket rem menjadi Brembo. Keren kan, braaapers! (day)