Kawasaki KLX 250, Motor Trail yang Harga Bekasnya Stabil, Apa Aja Kelebihan dan Kekurangannya?

By: VMX Media | 04/10/2023 | 350
Kawasaki KLX 250, Motor Trail yang Harga Bekasnya Stabil, Apa Aja Kelebihan dan Kekurangannya?

BANDUNG, VMXMedia.ID – Belakangan ini, blusukan alias trabasan jadi hobi yang semakin digemari oleh banyak kalangan. Selain bisa menikmati panorama alam, juga melatih fisik karena main motor off-road itu sangat menguras energi.

Untuk mendukung aktivitas tersebut, braaapers pasti butuh motor trail. Kalau mencari motor trail yang bertenaga dan terhitung canggih, bisa lirik Kawasaki KLX 250. Inilah motor trail 250cc dengan tenaga berlimpah.

Menurut Autofun.co.id, PT Kawasaki Motor Indonesia merilis motor ini pertama kalinya tahun 2009, dan masih dijual hingga saat ini. Artinya, sudah sangat panjang usia produksinya, yang menandakan motor trail ini banyak peminatnya.

Harga bekas Kawasaki KLX 250 juga terhitung stabil. Untuk model 2022, KMI menjual Kawasaki KLX 250 ini dengan nominal Rp65,1 juta on the road Jakarta. Jika terlalu tinggi, braaapers bisa menebus unit bekas sebagai alternatif dengan budget lebih terjangkau.

Harga bekasnya pun cenderung stabil. Selain karena menyasar segmen hobi, jumlah unit bekasnya pun tak terlalu banyak. Untuk rakitan tahun 2010 sampai 2012 misalnya, dilepas di angka Rp35-40 jutaan.

O, ya, siapkan budget sampai Rp45 jutaan kalau braaapers mau menebus tahun yang lebih muda, seperti tahun 2016. Dengan budget tersebut, kalian bisa mendapatkan motor trail 250cc, yang harganya setara motor trail 150cc baru.

Sebelum membelinya, braaapers juga harus mengetahui apa yang menjadi sisi plus dan minus dari motor ini. Supaya braaapers bisa lebih memahami seperti apa motor yang akan dibeli nantinya.

Sisi Plus Kawasaki KLX 250
Kawasaki KLX 250 ini dibekali mesin dengan torsi besar dan sudah injeksi bahan bakar. Tenaganya sampai 22 PS di 7.500 rpm dan torsi sebesar 21 Nm di 7.000 rpm. Ini berkat penggunaan mesin berkapasitas 249cc dari piston 72 mm dan langkah piston 61,2 mm.

Karater suspensi KLX 250 cenderung empuk sehingga nyaman dikendarai. Untuk suspensi depan sudah tipe upside down, sedangkan untuk belakang pakai monosok dengan link yang disebut Uni Trak.

Suspensi tadi masing-masing memiliki travel alias jarak main yang panjang, suspensi depan bisa sampai 255 mm dan suspensi belakang sampai 230 mm. Bahkan dilengkapi dengan setelan seperti kompresi, rebound dan preload.

Kemudian fitur dari motor ini sudah terhitung lumayan, panel meter full digital berdesain ramping dengan penunjuk kecepatan, takometer, odometer dan juga jam. Di bawahnya ada indikator untuk suhu mesin, lampu jauh, lampu sein, dan gigi netral.

Lalu posisi berkendaranya nyaman dengan setang lebar dan pijakan kaki yang lebih maju dari titik duduk dan punya permukaan kasar. Posisi berkendara seperti ini membuat kita lebih sigap.

Sisi Minus Kawasaki KLX 250
Dikenalkan sejak tahun 2009, nyaris tak ada update berarti yang dilakukan pada motor ini. Desainnya masih sama sejak pertama kali mengaspal di Indonesia, artinya sudah 10 tahun lebih.

Kemudian busa jok dirasa terlalu keras, apalagi jok motor trail punya bentuk yang ramping. Oleh karena itu, jika berkendara terlalu lama, akan memmbuat bokong cepat panas dan pegal.

Nah, braaapers, itulah sisi plus minus Kawasaki KLX 250. Motor ini memang belum ada perubahan desain sejak dulu, tetapi bentuknya masih tetap menarik dilihat. Motor trail memang bentuknya begitu-begitu saja, karena lebih mengutamakan utilitas kala digunakan ketimbang tampilan. (day)