Penyebab Motor Off Road Tidak Stabil, Cek Bagian Ini

By: VMX Media | 05/08/2022 | 456
Penyebab Motor Off Road Tidak Stabil, Cek Bagian Ini
Graham Jarvis performs during the fourth stop of the FIM Hard Enduro World Championship - Red Bull Abestone - in Abetone, Italy on July 9, 2022.

NEWS.VMX.ID- Gejala motor goyang ketika di lintasan off road, tentunya sangat menganggu akselerasi. Terutama saat menikung semuanya harus serba cepat. Diharapkan memiliki insting dan pemikiran cepat untuk menyelamatkan diri. Jika kondisi tersebut dibiarkan, resiko jatuh di track off-road yang memiliki kontur jalan yang beragam, sehingga tidak memungkinkan untuk menahan motor agar tak jatuh.

Kondisi motor dirtbike tidak stabil, akibat terjadi daya cengkram berkurang akibat tingkat keausan dan kerusakan komponen dan bagian pada motor. Motor dirtbike bisa terasa goyang pada di bagian depan dan belakang, dengan faktor penyebabnya yang mirip. Untuk bagian depan kerusakan pada sistem komstir kemudi ddan bagian belakang terjadi maslah karet mounting arm yang sudah melunak yang menyebabkan kurang presisi.

Baik pebalap dan pengguna hobi adventure bermotor,pastinya pernah merasakan motor goyang dan tidak stabil.  Baik di jalan lurus maupun saat berbelok, yang paling terasa adalah saat melewati lintasan offroad saat enduro di lintasan berbatu.

Indikasi penyebab terjadinya motor goyang tidak stabil, terjadii keausan dan kerusakan pada ban, bearing, komstir dan shockbreaker. Empat titik krusial adalah puncak dari beragam faktor penyebab motor tidak stabil.

Tahap awal, cek bagian bearing roda dan bearing berikut bantalan komstir. Pada Bearing roda berfungsi sebagai penjaga tidak terjadi gesekan antara as roda dengan tromol. Seiring penggunaan dan apalagi di gunakan saat ber adventure ang menerobos lumpur,genangan air setinggi rumah roda salah satu penyebabnya. Juga, track terjal dan ekstrim dan kurangnya penanganan rutin, makanya terjadi kerusakan akibat di abaikan dan tidak terkontrol.Biasanya bulir- bulir dalam bearing terjadi keausan hingga pecah belah.

Faktor keamanan dna kenyaman, salah satu penguatnyaadalah kondisi bagian komstir. Perlunya perhatian kondisi komstir pada motor off road yang pastinya melintasi track  off road ekstrims. Bulir-bulir di dalam komstir terjadi kerenggangan hingga pecah. Imbasan daya kendali berkendara akan kacau balau.

Faktor lain adalah kondisi oli sokbreker, jika berkurang juga penyebab kondisimotor goyang minim traksi.Penyebab berikutnya adalah pelek yang telah peyang alias tidak melingkar sempurna. Yuk pantau dan perhatikan bagian tersebut, agar bermotor off road dapat menikmati dengan nyaman dan safety.