Harley Davidson Pernah Produksi Motor Garuk pada Tahun 1970-an, Seperti Apa Bentuk dan Spesifikasinya?

By: VMX Media | 02/10/2023 | 296
Harley Davidson Pernah Produksi Motor Garuk pada Tahun 1970-an, Seperti Apa Bentuk dan Spesifikasinya?

MILWAUKEE, VMXMedia.ID – Siapa yang tidak kenal dengan Harley Davidson. Hampir semua orang tahu perihal pabrikan motor roda dua yang satu ini. Harley Davidson terkenal karena motor-motor aspalnya yang berkubikasi besar dan identik dengan geng motor Amerika. Tidak ada yang tidak mungkin dalam industri otomotif, termasuk hal yang tidak pernah disangka-sangka. Pabrikan Harley Davidson yang biasa memproduksi mesin V-Twin ternyata pernah menciptakan motor trail.

Dilansir dari trialgame.id, pada era tahun 1970-an Harley Davidson memproduksi motor trail dengan nama Harley Davidson MX250. Motor tersebut tidak dirakit di markas milik mereka di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat, melainkan di pabrik rekanan Harley yang bernama Aermacchi di Italia. Aermacchi bermaksud mencoba bereksperimen mengubah identitas Harley-Davidson yang berkesan moge banget menjadi motor garuk tanah.

Harley-Davidson MX250 memiliki tampilan layaknya motor trail lawas pada masanya dengan tangki yang lonjong. Dibekali suspensi teleskopik pada bagian depan dan dual suspensi di bagian belakang, dengan pelek jari-jari dan rem tromol untuk roda depan dan belakang. Pada motor garuk tanahnya, Harley-Davidson tidak lagi menggunakan mesin V-Twin, melainkan dibekali mesin 2 tak dengan kapasitas 242 cc berpendingin udara lima percepatan.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 32,41 dk dan torsi 25,6 Nm pada 9000 rpm. Performa ini diatas kertas unggul tipis dari Honda CRF250L yang memiliki mesin 249,67 cc dengan tenaga 30,9 dk di 8.500 rpm dan torsi 23,1 Nm di 6.500 rpm.

Namun sayangnya, motor ini tidak terlalu menarik minat konsumen, sehingga Aermacchi hanya memproduksi motor ini selama satu tahun saja dengan total produksi 1000 unit. Kemudian Aermacchi dijual oleh Harley Davidson yang akhirnya berganti nama menjadi Cagiva. Menurut situs Jdpower.com, untuk mengoleksi motor Harley-Davidson MX250 ini,  braaapers harus merogoh kocek hingga USD 18 ribu (sekitar Rp270 juta), harga yang cukup mahal untuk sebuah motor koleksi. (ss)