Modifikator Deus ex Machina Mengubah Husqvarna FE 450 Jadi Penakluk Gurun Pasir nan Buas

By: VMX Media | 05/03/2024
Modifikator Deus ex Machina Mengubah Husqvarna FE 450 Jadi Penakluk Gurun Pasir nan Buas
Foto: Bikeexif.com

BANDUNG, VMXMedia.ID – Diadakan di Semenanjung Baja, California, Amerika Serikat, sejak 1962, Baja 1000 adalah balapan gurun pasir yang tiada duanya. Ini adalah balapan mistis dan melelahkan; menyelesaikannya membutuhkan ketrampilan, kemauan keras, dan sedikit keberuntungan.

Husqvarna FE 450 yang akan VMX Media bahas kali ini adalah motor yang menempati posisi kedua pada Baja 1000 tahun lalu. Dibuat oleh modifikator Deus ex Machina di Amerika, ini adalah Husqvarna FE 450 yang dipersiapkan dengan baik dengan corak yang menyenangkan.

Dijuluki ‘The Paloma’, motor ini tidak hanya menempati posisi kedua di kelas Pro Moto Unlimited Baja 1000, melainkan juga menempati posisi kedua secara keseluruhan di Kejuaraan Gurun Dunia 2023.

Menurut Bikeexif.com, orang yang bertanggung jawab atas pembangunan motor ini adalah Ciaran Naran, yang berbagi tugas balapan dengan Forrest Minchinton, Nick Lapaglia, dan Derek Asserbauer. Sebagai pemenang Baja 1000 sebelumnya, Ciaran telah membalap sepeda motor trail sejak dia berusia delapan tahun –dan dia menemukan cara untuk membuatnya lebih cepat dalam prosesnya. Bekerja di bengkel Deus di Venice Beach, Ciaran menghabiskan banyak waktu hingga larut malam untuk mengubah Husqvarna FE 450 Heritage Edition model 2023 menjadi kereta luncur gurun peraih medali perak yang tangguh ini.

Bahkan dalam bentuk stok, Husqvarna FE 450 adalah yang terbaik. Berkat rangka chromoly dan subframe serat karbon, bobot keringnya hanya 108,3 kilogram, yang  berbanding terbalik dengan motor yang bertenaga buas. Motor ini dibenamkan beragam suku cadang kelas atas, dan braaapers akan menemukan awal dari mesin pemenang perlombaan.

Modifikasi yang dilakukan bukan sekedar membuat sepeda melaju lebih cepat, melainkan membuat sepeda melaju ‘jauh’ lebih cepat dan lebih lama. Ciaran dan rekan satu timnya mengemudikan Husky dengan waktu penyelesaian 26 jam 50 menit –itu adalah “hukuman” yang berat bagi manusia dan mesin, karena sangat cepatnya.

Mesinnya mendapat throttle body Keihin 44 mm dan pengapian Vortex, ditambah pengujian dyno selama berjam-jam. Ada juga boot asupan filter udara serat karbon pabrik Husqvarna, dan transmisi yang disiapkan oleh spesialis gearbox di Xtrac. Pengaya lainnya termasuk sprocket Dirt Tricks, rantai DID, dan knalpot FMF.

Kokpitnya dilengkapi setang Renthal Twinwall dengan tabung throttle Motion Pro, pegangan ODI, dan pelindung tangan KTM. Tempat rem dan kopling merupakan suku cadang Brembo, ditingkatkan dengan tuas mesin CNC. Di tempat lain, Ciaran memasang penutup kopling Rekluse dan aktuator hidrolik.

Nacelle lampu depan Husqvarna bawaan berada di depan jeruji, dilengkapi dengan rumah lampu depan MotoMinded, dan lampu depan Baja Designs XL80. Saat matahari terbenam, pengaturan tersebut ditukar dengan pengaturan lampu kembar yang dibuat khusus.

AHM Factory Services merombak dan meningkatkan garpu dan shock Suspensi WP Husky, dan Ciaran menambahkan peredam kemudi Öhlins dan lengan ayunnya berasal dari KTM 450 SX-F.

Pindah ke roda, Deus membuat satu set baru dengan velg DID DirtStar. Spacer roda yang dibuat khusus dan poros belakang Honda yang dimodifikasi memungkinkan pergantian roda yang cepat. Bannya adalah Dunlop AT81s, dengan ban dalam busa Nitromouse di dalamnya.

Kaliper rem Brembo mencengkeram rem cakram Dirt Tricks, dengan ‘sirip hiu’ Hunt Racing Products untuk menjauhkan batu dari rem belakang. Bagian pelindung lainnya termasuk pelindung rangka Acerbis dan pelat selip Akrapovič. Di antara semua baut, braaapers akan menemukan beberapa komponen cetak 3D khusus yang cerdas.

Tangki bahan bakar IMS yang lebih besar dari stok memaksimalkan jangkauan FE 450, sementara pengisi dry break dari Machine Works yang dimodifikasi memungkinkan pit stop lebih cepat. Joknya menggunakan seat pan yang diperkuat karbon pabrik, busa Guts Racing, dan cover suede putih dari Thrill Seekers. Pasak kaki yang sangat tajam dari IMS menjaga kaki pengendara tetap berada di tempat yang seharusnya.

Saat ini, motor buas ini tengah dilelang oleh Deus ex Machine. Braaapers tertarik? (day)