Review

Mengenal Event Six Days Enduro – Asal Mula Terciptanya KTM EXC Six Days Edition

By: Ricko Fernando | 13/06/2022 | 2312
Mengenal Event Six Days Enduro – Asal Mula Terciptanya KTM EXC Six Days Edition

NEWS.VMX.ID -Acara International Six Days Enduro (ISDE) dalam histori sejarahnya berkaitan erat dengan KTM Six Days. ISDE adalah nama event pembaharuan dari gelaran off road bermotor tertua yang tercatat dalam kalender FIM. Antara motor dan eventnya memang berkaitan erat, hasil dari development sinergi keduanya.

International Six Days Reliability Trial (ISDT) pertama diadakan di Carlisle, Scotland, dari 18 – 23 Agustus, 1913. Kegiatan yang berlangsung selama enam hari, pagelaran itu dibuka untuk motor, sespan dan kendaraan 3 roda yang sedang ramai di Inggris pada waktunya.

ISDT 1913, Carlisle – Skotlandia

Saat itu,walaupun regulasinya selalu berubah, intinya mematok hasil lomba berdasarkan yaitu persaingan antar team yang anggotanya paling terbanyak mencapai garis finish. Pencapain finish sebanyak – banyaknya diberi waktu selama enam hari, dengan syarat utama tanpa bantuan pihak diluar anggota.Saking lamanya kejuaraan berlangsung, publik menjulukinya dengan Olympics of Motorcycling

Gelaran ISDT sempat dihentikan di tahun 1940an , disebabkan semakin memanasnya perang dunia ke-2. Event legendaris ini kembali berlangsung di tahun 1947. Saat itu, KTM masih berusia tiga tahun dalam memproduksi motor dirtbike kompetisi. Hasilnya berhasil mendapatkan medali emas pertamanya pada tahun 1956 yang dimenangkan oleh Egon Dornauer & Kurt Statzinger di kelas 125cc.

Dampak krisis ekonomi di akhir dekade 50an sangat mempengaruhi industri motor, termasuk KTM juga mengalami dampaknya. Kondisi tersebut membuat KTM tidak mengirimkan tim pabrikannya ke ISDT sampai tahun 1964. Satu hal yang merubah segalanya adalah saat seorang pria asal Amerika bernama John Penton mulai meminta KTM untuk membuat motor traiil berdasarkan spesifikasi darinya untuk keperluan tim miliknya. Debut awal KTM by Penton di tahun 1968, 14 motor KTM racikan Penton mengikuti ISDE  di Italia. Setelah balapan ISDE di Italia, tidak lama kemudian KTM mulai memproduksi “Penton Six Days” dan mengekspor motor – motor itu ke Amerika Serikat. Performa Motor Penton Six Day ini pun segera menjadi incaran para pebalap privateer dari berbagai negara.

Penton-Team Garmisch-Partenkirchen (GER) 1969

Gelaran ISDT tahun 1976, Austria sebagai tuan rumah dengan lintasan yang kini terkenal dengan nama Red Bull Ring. Warna yang mendominasi di paddock -paddock para pembalap saat itu adalah biru. Warna biru adalah warna khas KTM di kala itu sebelum berubah oranye sampai saat ini. Mulai ahun 1976 sepertiga plebih dari jumah ebalap yang mengikuti ISDT pada tahun itu, telah menggunakan KTM. Sejarah KTM mencatat 49 ridernya tersebut berhasil mencapai garis finish setelah 6 hari berlomba. Hasil perolehan dalam lomba tersebut menjadi bukti kualitas dan performa KTM sangat layak untuk berkompetensi dilevel tertinggi.

Six Days Red Bull Ring, Austria 1976

Perancis di tahun 1980 adalah putaran terakhir ISDT , yang kemudian ditahun 1981 menadi tahun pembuka gelaran nama barunya yaitu ISDE (International Six Days Enduro ). 

Debut KTM Six Days mulai di produksi dan di pasarkan di tahun 1986, dengan banyak keunggulan dari KTM Powerparts dan dipersiapkan dengan konsep “Ready to Race” untuk para pebalap – pebalap enduro. Hingga sekarang (2022), KTM Six Days masih diproduksi dan termasuk dalam kategori motor EXC (Enduro Cross Country) flagship KTM – uniknya lagi, umumnya motor KTM Six Days ini biasanya dilengkapi dengan nama negara tempat di mana event ISDE ini dilaksanakan tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 ISDE diadakan di Spanyol, maka pada tahun 2017 dirilislah KTM Six Days Enduro edisi Spain, jika tahun 2018 ISDE diadakan di Chile, maka KTM Six Days edisi Chile akan rilis di tahun 2019. 

KTM 350 EXC-F SIX DAYS CHILE (2019)

Satu hal yang unik tahun ini adalah KTM Six Days tahun 2022 tidak mempunyai edisi negara, dikarenakan pandemi COVID yang membuat ISDE tahun 2020 yang mestinya diadakan di Lombardy – Piedmont, Italia harus dibatalkan. Tahun 2021, ISDE kembali diadakan di Italia berbarengan dengan perilisan KTM Six Days edisi Italia.

Dikarenakan umumnya peluncuran motor KTM Six Days edisi negara dirilis setahun setelah acaranya berlangsung di negara tersebut. Rilis KTM Six Days edisi Italia yang berbarengan dengan ISDE Italia membuat sistem perilisan menjadi kacau. Pasalnya, KTM Six Days 2022 ini tidak mempunyai edisi negara (atau biasa kami sebut dengan KTM Six Days edisi COVID). 

ISDE 2022 akan di selenggarakan 29 Agustus hingga 3 Sepetember 2022 bertempat di Puy en Velay, Prancis. Meski KTM Six Days France telah di rilis tahun 2018, namun KTm tetap merilis kembali untuk edisi KTM Six Days France tahun 2023.

Naskah : Ricko Fernando editor : Munandar Nuch Arsih