Review

Manfaat Lebih Serat Karbon Untuk Bagian Penting Pada Motor! Begini Kelebihannya

By: VMX Media | 15/11/2022 | 635
Manfaat Lebih Serat Karbon Untuk Bagian Penting Pada Motor! Begini Kelebihannya

NEWS.VMX.ID – Pada bagian penting dalam sebuah unit motor untuk hobi khusus dan kompetisi, terdapat beberapa peran material yang mempunyai faktor vital. Dengan begitu antara bobot, kekuatan, tingkat presisi dan stabilitas yang tak terbatas, memiliki potensi mendukung instrument lain pada motor. Berikut factor dan bagian penting kemampuan karbon Kevlar untuk aktifitas ektrim pada motor motocross dan hard enduro.

  • Berat versus kekuatan. Serat karbon adalah yang paling ringan dan terkuat per berat bahan yang dikenal. Beratnya setengah dari aluminium dengan kekuatan tiga kali lipat. Serat karbon sangat fleksibel dan cocok untuk aplikasi di mana kekakuan dan bobot rendah diperlukan. Serat karbon memungkinkan seorang desainer memiliki kemampuan yang hampir tak terbatas untuk membangun bagian-bagian dengan kekakuan dan kekuatan yang jauh melebihi aluminium, baja, dan bahkan titanium.
  • CTE. Bagian-bagiannya dapat disesuaikan untuk memiliki kekuatan dan kekakuan pada arah dan lokasi yang dianggap perlu oleh perancang, sehingga relatif mudah untuk membentuk struktur yang kompleks dan terintegrasi dengan bentuk dan nilai keseluruhan yang unggul. Serat karbon sendiri memiliki koefisien ekspansi termal (CTE) negatif—artinya ketika dipanaskan, mereka menyusut. Bahkan ketika serat dimasukkan ke dalam matriks resin, komposit dapat disesuaikan untuk memiliki hampir nol CTE. Stabilitas termal karbon meningkatkan presisi manufaktur. Aluminium, baja, dan titanium semuanya bertambah besar saat dipanaskan.
  • Matriks. Produk komposit serat karbon dibuat dengan menggabungkan penguat (fiber) dengan matriks (resin). Kombinasi serat dan matriks ini memberikan karakteristik yang lebih unggul dari salah satu bahan saja. Dalam material komposit, serat membawa sebagian besar beban dan mencirikan sifat material. Resin membantu untuk mentransfer beban antara serat, mencegah serat dari tekuk, dan mengikat bahan bersama-sama. Apa pun yang terbuat dari serat karbon secara longgar disebut karbon atau komposit karbon.
  • Vinylester. Resin yang paling umum digunakan untuk mengikat karbon adalah poliester, vinilester atau epoksi. Semua memiliki tingkat kekuatan, daya tahan, kekerasan dan fleksibilitas yang berbeda. Lightspeed menggunakan resin epoksi, yang terkenal karena kekuatan dan daya tahannya.
  • Tanah ke bawah. Karbon grafit, juga disebut karbon termal, adalah “penggilingan” serat karbon yang dicampur dengan resin dan injeksi yang terbentuk pada panas dan tekanan ekstrem. Ini dapat dianggap sebagai serat karbon yang diberi perlakuan panas. Beberapa setang sepeda gunung, yang harus sangat kuat dan ringan, diproduksi menggunakan proses karbon plastik termal. Ini juga digunakan untuk membuat raket tenis, sepatu salju, rangka sepeda gunung, dan rotor rem cakram Formula Satu dan jumbo jet.
  • kepar 2×1. Karbon cetakan injeksi tidak memiliki untaian serat kontinu panjang yang dijalin bersama. Hasil akhir campuran yang bervariasi tidak memberikan nilai estetika bagian karbon dengan tenunannya. Pola tenunan serat karbon dapat diorientasikan untuk memungkinkan kekuatan arah yang berbeda, kekakuan torsional, kekakuan lateral, dan sifat mekanik spesifik lainnya. Lightspeed menggunakan tenunan CF 3K twill 2×2 yang populer. “2×2” adalah tenunan silang atas-bawah serat, “Twill” adalah polanya, “3” adalah jumlah untaian serat karbon per pola silang, dikalikan dengan “K” (seribu). Jadi tenunan 3K adalah 3000 helai serat per pola silang.

PENUTUP KARBONIGNITION

  • Orientasi. Insinyur dapat memilih dari berbagai macam serat dan resin untuk mendapatkan sifat material yang diinginkan. Selain itu, ketebalan material dan orientasi serat dapat dioptimalkan untuk setiap aplikasi. Penggunaan anyaman Kevlar, yang umumnya dikenal dengan aplikasi antipelurunya, meningkatkan kekuatan tarik serat karbon. Segera setelah Kevlar atau bahan lain ditambahkan, serat karbon menjadi komposit karbon. LightSpeed ​​menempatkan Kevlar secara strategis pada komponen tertentu untuk meningkatkan daya tahan.
  • Pada pertengahan 1990-an, Tim Kawasaki adalah perusahaan motorcross pertama yang bereksperimen dengan serat karbon pada motor produksinya. Belakangan, bahan tersebut digunakan secara besar-besaran dalam desain sepeda pabrikan Doug Henry 1997 YZ400F. skid plate, box protector, pelindung rangka, pemandu rantai, pelindung cakram, pelindung garpu, gantungan pipa, knalpot, braket, penutup pengapian, penutup kopling, penutup sproket, pelindung kotak, penutup tangki, penjepit penjepit, helm, penyangga lutut dan pergelangan tangan dan penyangga leher semuanya terbuat dari serat karbon. Komponen serat karbon lainnya untuk motor motorcross digunakan untuk mencapai suhu operasi yang lebih dingin. Barang-barang seperti pelindung panas, saluran udara, saluran rem kaliper belakang, baki tangki bensin dan sebagainya.
  • Harga terhubung pada biaya produksi dan kuota space penggunaan material komposit karbon pada motor motorcross secara keseluruhan. Saat ini, satu-satunya bagian yang dilarang oleh buku peraturan perlombaan adalah rotor rem cakram serat karbon, pelat nomor, dan bagian rem cakram.
  • Seiring waktu serat karbon memiliki kecenderungan untuk menua dan mengering. Ini dapat dikurangi dengan beberapa tindakan pencegahan, seperti setelah mencuci motor, berikan pelindung atau silikon untuk mengembalikan tampilan mengkilap serat karbon.