BANDUNG, VMXMedia.ID – Meluncur di China belum lama ini, sepeda motor Liteng 190 sukses membuat heboh pecinta otomotif. Betapa tidak, ia menggendong mesin mesin skutik, namun dengan penampilan gagah ala motor trail. Ini benar-benar motor anti-mainstream.
Seperti dilansir GridOto.com, produk asal pabrikan Negeri Tirai Bambu ini menggunakan rangka model double cradle yang umumnya dipakai sportbike. Penggunaan struktur rangka tersebut diklaim dapat mengoptimalkan kemampuan peredaman dan lebih proper saat melintasi medan off-road.
Secara desain, Liteng 190 punya bentuk ala motor dual purpose agresif, dengan lampu depan membulat yang memberikan kesan rugged. Motor ini punya konfigurasi jok single seater alias jok tunggal, di bagian belakang digunakan sebagai rak mirip Honda CT125.
Fitur yang diusungnya termasuk canggih, misalnya dilengkapi panel instrumen digital layar TFT berwarna, rem cakram depan dan belakang, sampai ABS dual channel. Selain itu, ada sistem kontrol traksi yang dapat diaktifkan/matikan layaknya motor dual purpose high-end
Urusan performa, Liteng 190 2024 bermesin silinder tunggal DOHC 190cc yang menghasilkan tenaga 20,1 dk di 8.250 rpm dan torsi maksimum 18 Nm di 6.250 rpm. Sistem transmisi menggunakan CVT layaknya kebanyakan skutik, namun untuk penggerak roda belakang menggunakan rantai.
Meskipun memiliki mesin berkapasitas besar dan dilengkapi dengan sistem pendinginan air, bobotnya hanya 120kg. Karenanya, fleksibilitasnya tidak kalah dengan motor off-road kompak lain seperti Honda CT125 atau Yamaha PG-1.
Pada saat yang sama, ia lebih mantap saat digunakan menjelajah, karena mesin 190cc-nya lebih powerful dibanding dua bebek trail di atas. Kapan datang ke Indonesia, ya, braaapers? (day)