Viar E-Cross, Motor Listrik Gahar Setara 250cc yang Dibuat untuk Mampu Melahap Tanjakan Curam

By: VMX Media | 13/10/2023 | 375
Viar E-Cross, Motor Listrik Gahar Setara 250cc yang Dibuat untuk Mampu Melahap Tanjakan Curam

BANDUNG, VMXMedia.ID – Di era 90-an atau awal 2000, ketika motor dari China mulai masuk ke Indonesia –kita menyebutnya Mocin—Viar adalah salah satu brand yang turut serta berkompetisi di pasar yang didominasi motor Jepang. Tak heran, jika di benak banyak orang, Viar adalah Mocin –yang secara teknologi dan model— tertinggal dari produk Jepang yang lebih dulu eksis.

Namun, seiring waktu, Viar telah tumbuh dan berkembang menjadi produsen motor yang cukup punya pasar, walaupun tentu saja masih kecil. Selain eksis di motor roda tiga, ia juga punya tempat di motor mainan untuk anak-anak. Dan kini, cengkaramannya semakin kuat, dengan mengeluarkan Viar E-Cross.

E-Cross adalah motor listrik yang dirancang untuk medan off-road. Menurut JalanTikus.com, motor ini jadi penawar luka bagi para pecinta motor listrik dengan performa gahar. Kalau biasanya motor listrik hadir dengan desain mungil dan kompak, serta cocok untuk jalan-jalan di perkotaan seperti skuter listrik, motor listrik produksi PT Triangle Motorindo (Viar) ini justru didesain khusus untuk melibas segala rintangan di jalanan tidak rata, dengan performa yang tangguh.

Dilihat dari desainnya, braaapers pasti sudah tahu medan seperti apa yang mampu dilewati kendaraan yang satu ini. Meski merupakan motor mode sport, Viar E-Cross ini tetap ramah lingkungan karena tak mengeluarkan emisi gas buang dan hemat energi.

Desain Motor Listrik Viar E-Cross

Motor Viar E-cross adalah motor listrik off-road yang memiliki desain sporty dan modern. Rangkanya terbuat dari bahan alumunium yang ringan dan kuat, sehingga bisa melaju dengan lincah dan stabil di medan ekstrem. Bahkan, berat bodinya hanya mencapai 50kg, dengan dimensi panjang 1870 mm, lebar 780 mm, dan tinggi 1050 mm, dan wheelbase 1260 mm.

Tampilan motor ini semakin gagah dan elegan dengan pilihan warna silver dan hitam. Selain itu, Viar E-Cross juga dibekali dengan lampu LED depan dan belakang berbentuk bulat, sehingga memberikan pencahayaan yang baik dan tampilan yang simpel dan minimalis. Jok motornya sendiri berbentuk panjang dan empuk, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang.

Spesifikasi Motor Listrik Viar E-Cross

Viar E-Cross dibekali dengan power 3000 watt yang setara dengan motor 250cc, sehingga bisa memberikan torsi yang besar dan responsif saat mulai bergerak. Motor ini juga memiliki transmisi CVT yang membuatnya mudah dan nyaman untuk dikendarai. Selain itu, Viar E-Cross juga menerapkan multi stage coaxial transmission system dengan dua transmisi untuk mengalirkan kekuatan dari motor listriknya.

Baterainya menggunakan baterai lithium 60V/32AH dan dapat diisi dengan cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk mengisi baterai sampai penuh. Dalam kondisi baterai penuh, motor ini dapat menempuh jarak hingga sekitar 100km.

Sebagai informasi tambahan, terdapat dua mode berkendara pada motor listrik keluaran Viar ini, yakni mode sport dan mode biasa. Mode sport membuat motor lebih cepat dan kuat dibandingkan mode biasa. Bahkan menurut salah satu Teknisi Viar, mode sport sangat cocok untuk mengatasi tanjakan curam saat berkendara dengan motor trail ini.

Motor ini semakin ciamik dengan kemampuan melewati medan tanjakan hingga 45 derajat. Berikut adalah tabel spesifikasi Viar E-Cross agar lebih jelas:

Detail Spesifikasi
Dimensi 1870 mm x lebar 780 mm x 1.050 mm
Power 3000 watt
Torsi 120 Nm
Baterai 60V/32AH
Kecepatan 70 km/jam
Jarak Tempuh 100 km
Daya angkut 150 kg
Waktu pengisian 2-3 jam
Rem Depan dan Belakang Electric disc

Harga Motor Listrik Viar E-Cross

Bicara soal harga, belum ada informasi terbaru tentang banderol motor listrik gahar satu ini. Viar E-Cross memang hingga kini belum resmi diluncurkan di Indonesia, namun perkiraan harganya untuk Viar E Cross Advance adalah Rp25 juta, sementara Viar E Cross Lite dibanderol Rp20 juta. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pabrikan dan dealer. Jadi, untuk lebih jelasnya, braaapers bisa tanya ke dealer Viar terdekat, ya! (day)