MILAN, VMXMedia.ID – Pabrikan motor garuk tanah China, Kove Moto, mengejutkan dunia dengan penampilan 450 Rally Pro pada perhelatan reli Dakar awal tahun ini. Tiga sepeda motornya berhasil menyelesaikan beratnya medan gurun pasir dengan mengesankan.
Dan sekarang, “kuda hitam” reli Dakar ini tengah mengincar kemenangan di tahun 2024, dengan meluncurkan 450 Rally EX. “Senjata baru” Kove ini resmi dikenalkan ke publik pada event pameran motor paling bergengsi EICMA, di Milan, Italia, hampir dua pekan lalu, seperti dilaporkan ADVPulse.com.
Lantas apa yang membuat 450 EX layak naik podium pada reli off-road terberat di dunia? Motor generasi berikutnya yang baru saja diperkenalkan di Milan ini diklaim lebih bertenaga, lebih bermanuver, dan lebih ringan dibandingkan mesin yang memulai debutnya di Dakar terakhir.
Terselip di dalam rangka dudukan ganda adalah mesin tunggal DOHC 449,9cc berpendingin cairan yang lebih kompak dan menghasilkan tenaga 65 hp dan torsi 36,14 ft-lbs. Ini adalah yang terdepan di kelasnya, dengan kecepatan tertinggi 112 mph (180 Km per jam) Sebagai referensi, mesin sebelumnya mengedepankan tenaga 54 hp dan torsi 31 ft-lbs.
Rangka dudukan ganda ultralight terbuat dari baja berkekuatan tinggi dan memiliki kekuatan tarik 980 MPa. Keseluruhan drivetrain juga dilengkapi dengan aplikasi inovatif dan material ringan berteknologi tinggi, termasuk silinder baru yang unik, desain kepala dengan swingarm terpadu.
Kove 450 Rally EX dilengkapi dengan quick shifter dan desain kopling hidrolik baru dengan rakitan kopling yang lebih ringan dan ramping. EX spesifikasi Dakar yang baru juga akan membawa tambahan 0,98 galon (3,78 liter) bahan bakar di antara ketiga tangkinya, dengan total 8,98 galon (37 liter). Tangki sekarang diposisikan lebih rendah dan lebih mengarah ke tengah untuk meningkatkan massa terpusat yang memberikan penanganan dan stabilitas yang lebih baik.
EX memiliki profil yang ramping meski memiliki kapasitas bahan bakar lebih banyak. Dan mungkin yang paling mengesankan, motor baru ini diklaim memiliki bobot kering hanya 282 pon (128 kg), atau lebih ringan 38 pon (17 kg) dibandingkan Kove yang ikut reli Dakar pada 2023. Perubahan signifikan ini disebabkan material bahan yang digunakan EX jauh lebih ringan, seperti titanium dan serat karbon.
Untuk penyerapan benturan, EX dilengkapi dengan garpu USD 49mm yang dapat disetel sepenuhnya dan shock mono link progresif dari Yu-an, menghasilkan travel 12 inci di depan dan 11,8 inci di belakang. Motor ini akan memperlambat wheelset 21/18 inci menggunakan cakram depan kaliper 2 piston tunggal mengambang dan cakram belakang piston tunggal yang dipasok oleh Taisko.
Braaapers yang tertarik dan calon privateer akan memiliki kesempatan untuk membeli motor balap keren ini. Namun jumlahnya amat sangat terbatas, hanya 50 unit di dunia. Mau tahu harganya? Hanya USD 21.355 alias Rp333 juta (off the road). Masih lebih murah ketimbang Husky dan KTM, kan, braaapers? (day)
Spesifikasi Kove 450 Rally EX 2024
JENIS MESIN Silinder tunggal, DOHC, 4 tak
PEMINDAHAN 449.9cc
BOR X PUKULAN 96×62.15mm
RASIO KOMPRESI 14:01
KEKUATAN PENUH 65 HP
TORSI MAKS 49 nm @7500
PASOKAN BAHAN BAKAR EFI
KECEPATAN MAKSIMUM 112 mil/jam (180 km/jam)
SUSPENSI DEPAN Dapat disesuaikan sepenuhnya 49 mm USD, 12 inci (305 mm)
SUSPENSI BELAKANG Redaman dapat disesuaikan, 11,8 inci (300 mm)
JARAK RODA 58,7 inci (1490 mm)
TINGGI TEMPAT DUDUK 38 inci (960 mm)
KAPASITAS TANGKI 34 liter
BERAT KERING 282 pon (128 kg)
IZIN TANAH 12,2 inci (310 mm)
MENYAPU 28°
JEJAK 4,8 inci (123 mm)
SUDUT KEMUDI 38,5°
BAN DEPAN 90/90-21
BAN BELAKANG 140/80-18
REM DEPAN Cakram mengambang, kaliper 2 piston
REM BELAKANG Kaliper piston tunggal
HARGA Rp333.000.000
(day)