Review

Komparasi Motor Motocross 125 cc Jepang Versus Austria- Edisi 2023 Ada Perbedaan Bagian Apa?

By: VMX Media | 16/11/2022 | 725
Komparasi Motor Motocross 125 cc Jepang Versus Austria- Edisi 2023 Ada Perbedaan Bagian Apa?

NEWS.VMX.ID – Kemudahan yang ada di motor motcross dengan pemetaan ECU yang diprogram komputer dan penyetelan Wi-Fi, lebih digital dari sebelumnya. Pastinya banyak ngiler dengan teknologi motor trail terbaru, menyukai balapan empat langkah, dan kemudahan dengan injeksi bahan bakar dan starter elektrik.

Namun bagi para penggiat motor Off Road, ada sesuatu yang indah dari mesin dua langkah yang sederhana yang membawa senyum ke wajah setiap pengendara. Dengan khas Powerband yang menyenangkan untuk digunakan, penanganan yang ringan, dan melodi dua langkah yang berbeda menyalakan api yang membuat kita melupakan apa itu motor listrik, dan program realitas virtual. Motor Trail dua langkah antara Jepang dan Austria memang mendominasi kesenangan para maniak trail 2Tak.

Sejak Honda, Suzuki dan Kawasaki membelot dari dua tak, kelas 125 telah menjadi pertempuran Yamaha versus KTM.  Namun, untuk tahun 2022, KTM memiliki tiga model berbeda dalam balapan tersebut. Ini tidak setajam kelihatannya, karena meskipun KTM, Husqvarna, dan GasGas berbagi komponen inti, tidak semuanya bekerja sama. Grup perusahaan ini cukup peduli untuk berinvestasi dalam menawarkan tiga varian motor motorcross 125 yang berbeda.

Seperti YZ125 ,TM 125MX, Fantic 125 XX dengan basic frame satu vendor, tetapi kesepakatan mereka untuk berbagi platform dengan rangka dan mesin Yamaha melarang mereka mengimpor motor ke AS.

Dari kesemuanya itu,hanya satu dari motor ini yang menerima mesin baru dengan sasis yang diperbarui. Ketiganya berbagi mesin dan rangka yang identik (dengan pengaturan suspensi yang berbeda, konfigurasi kotak udara, ketinggian tempat duduk, dan klem segitiga).

Yamaha YZ125 pada dasarnya tetap sama sejak tahun 2006, dengan Honda, Kawasaki, dan Suzuki menghentikan produksi motor berasap. Yamaha dapat terus menjual model yang sama dari tahun ke tahun, karena sangat menyenangkan untuk dikendarai, terjangkau, dan mudah dikendarai. Menjaga poin kelebihan, dengan KTM sebagai satu-satunya pesaing sejatinya, Yamaha tidak perlu khawatir, karena demografis YZ125 yang  membenci the idea of having KTM.

Beberapa tahun setelah YZ125 2006 diperkenalkan, penggemarnya mulai mengeluh bahwa Yamaha tidak membuat pembaruan apa pun pada YZ125. Selama 10 tahun mereka mengeluh tentang kurangnya perbaikan YZ125 dan, akhirnya ada kabar Yamaha tidak akan membuat YZ125 yang serba baru. Setelah itu, penggemarnya berhenti mengeluh dan bersyukur setidaknya Yamaha masih memproduksi Motor Trail dua tak. Setelah terbuai kelesuan YZ125 selama 16 tahun berturut-turut, Yamaha keluar dengan Yamaha YZ125 baru yang mengkilap.

Lantas, apa saja yang perubahan pada Yamaha? Pertama, mari kita bahas sedikit sejarahnya, Yamaha membuat pembaruan besar pada YZ125 2005 ketika keluar dengan mesin yang serba baru. Itu berubah secara radikal dari mesin 2004 sebelumnya, seperti rangka aluminium baru yang menggantikan rangka baja sebelumnya. Pada tahun 2006, Yamaha mengeluarkan suspensi depan Kayaba SSS (Speed ​​Sensitive Suspension) yang brilian yang telah menjadi hit besar diera itu.

Keistimewaan YZ125 dengan sasis dan suspensi selama bertahun-tahun, dan sebagai motor paling menyenangkan untuk dikendarai langsung dari lantai ruang pamer. YZ125 tidak berdiri stagnan selama tahun-tahun berikutnya, meski sering mendapat hand-me-down dari Trail empat-tak Yamaha, terutama rem, footpegs, rotor rem, , peredam suara, main jet dan warna pelek.

Hingga ditahun 2022, Yamaha mempertahankan rangka yang sama, membuat beberapa pembaruan kecil pada garpu depan KYB SSS dan mempertahankan triple clamp, swingarm, dan linkage yang sama sehingga penanganannya sangat mirip.

Sedangkan untuk motor lainnya, ada beberapa perubahan serius. Hampir setiap bagian fungsional mesin baru dengan blok silinder, kepala silinder, bentuk port silinder, timing port silinder, piston, pin piston, batang penghubung, bak mesin, poros engkol, roda gila, transmisi, poros geser, katup buluh dan katup daya, serta pipa dan peredam.

YZ125 juga memiliki spatbor belakang baru, panel nomor samping, subframe, main jet, dan kotak filter udara untuk mengalirkan lebih banyak udara ke mesin dari bawah bagian belakang kursi. Plus, versi dengan karburator Keihin PWK-S38 menggantikan Mikuni TMX 38mm. Selain spatbor depan, pelat nomor depan, dan pelindung garpu, semua instrument plastik telah diperbarui, dan tangki bahan bakar, kisi-kisi radiator, jok ba, dan kotak udara baru. Selain itu, rem telah diperbarui dari model YZ-F, ban Bridgestone Battlecross X20, rantai baru, dan sproket belakang.

Sedangkan untuk kompetisi 125cc Yamaha, motor KTM, Husqvarna dan GasGas pada dasarnya sama untuk tahun 2022. Pembaruan untuk KTM terbatas pada grafis baru dan sasis oranye. Husqvarna telah memperbarui grafik dengan aktuasi kopling Brembo Magura. Dan juga GasGas persis sama seperti saat pertama kali keluar musim lalu.

Pada tahun 2022, Yamaha mempertahankan rangka yang sama, membuat beberapa pembaruan kecil pada garpu KYB SSS dan mempertahankan triple clamp, swingarm, dan linkage yang sama sehingga penanganannya sangat mirip. Sedangkan untuk motor lainnya, ada beberapa perubahan serius. Hampir setiap bagian fungsional mesin baru dengan blok silinder, kepala silinder, bentuk port silinder, timing port silinder, piston, pin piston, batang penghubung, bak mesin, poros engkol, roda gila, transmisi, poros geser, katup buluh dan katup daya, serta pipa dan peredam.

YZ125 juga memiliki spatbor belakang baru, panel nomor samping, subframe, dasar kursi, dan sangkar filter udara untuk mengalirkan lebih banyak udara ke mesin dari bawah bagian belakang kursi. Plus, ia hadir dengan karburator Keihin PWK-S38 sekarang, bukan Mikuni TMX 38mm. Selain spatbor depan, pelat nomor depan, dan pelindung garpu, semua plastik telah diperbarui, dan tangki bahan bakar baru, kisi-kisi radiator baru, jok baru, dan kotak udara baru. Selain itu, rem telah diperbarui dari model YZ-F, ban Bridgestone Battlecross X20, rantai baru, dan sproket belakang.

Sedangkan untuk kompetisi 125cc Yamaha, motor KTM, Husqvarna dan GasGas pada dasarnya sama untuk tahun 2022. Pembaruan untuk KTM terbatas pada grafis baru dan bingkai oranye. Husqvarna telah memperbarui grafik dengan aktuasi kopling Brembo alih-alih Magura, dan GasGas persis sama seperti saat pertama kali keluar musim lalu.

Motor KTM/Husky/GasGas bekerja sama di trek, sejujurnya, akan sulit untuk membedakannya jika tidak menghilangkan variabelnya.

Lantas, apa saja yang berubah pada Yamaha? Pertama, mari kita bahas sedikit sejarah. Yamaha membuat sesuatu yang besar pada YZ125 2005 keluar dengan mesin yang serba baru. Itu berubah secara radikal dari mesin 2004 sebelumnya, seperti rangka aluminium baru yang menggantikan rangka baja sebelumnya. Pada tahun 2006, Yamaha mengeluarkan garpu Kayaba SSS (Speed ​​Sensitive Suspension) yang telah menjadi hit besar sejak saat itu. MXA telah menyukai sasis dan suspensi pada motor ini selama bertahun-tahun, dan banyak pengendara uji kami menyebut YZ125 sebagai motor paling menyenangkan untuk dikendarai langsung dari lantai ruang pamer. YZ125 tidak berdiri stagnan selama tahun-tahun berikutnya; itu sering mendapat hand-me-down dari garis empat-tak Yamaha, terutama rem, footpegs, rotor rem, plastik panah, suara, jet utama dan warna pelek.

Sedangkan untuk kompetisi 125cc Yamaha, motor KTM, Husqvarna dan GasGas pada dasarnya sama untuk tahun 2022. Pembaruan untuk KTM terbatas pada grafis baru dan bingkai oranye. Husqvarna telah karya grafik dengan aktuasi kopling Brembo alih-alih Magura, dan GasGas seperti saat pertama kali musim lalu.

Hasil Dyno test tenaga kuda puncak dan di mana pada kurva rpm tercapai, Ada petunjuk tentang di mana puncak powerband motor dengan besaran tenaga kuda. Berikut adalah bagaimana mesin 125cc dua tak teruji satu sama lain.

Yamaha YZ125: 35,9 (11.600 rpm)

GasGas MC 125: 37,8 (11.200 rpm)

KTM 125SX: 38,5 (11.200 rpm)

Husky TC125: 37,7 (11.200 rpm)

Bobot aktual dari produksi motor motorcross 125cc tahun 2022 125 saat ini dengan keseimbangan terkalibrasi yang sama di bawah sistem resmi dari AMA dan FIM dari tangki bensin kosong semua, yaitu :

GasGas MC 125: 194

KTM 125SX: 194

Husky TC125: 195

Yamaha YZ125: 199

Merek GasGas buatan Spanyol yang dibeli oleh KTM Group, dipindahkan ke Austria dan diintegrasikan ke dalam model berbagi platform KTM dengan titik harga yang ditargetkan untuk mencuri pelanggan Yamaha. Harganya yang sama dengan YZ baru dengan mesin, karburator, rangka, subframe, rem, lengan ayun, dan suspensi yang identik dengan KTM. Nilai lebih GasGas dengan tampilan terbaik di kelasnya dengan rangka baja merah ceri dan plastik serta pelek perak mengkilap yang cocok dengan segitiga klem dan setang dengan sempurna.

Perbedaan mencolok antara GasGas dan KTM adalah klem  rangkap segitiga aluminium, penutup kotak udara tertutup, dan pengaturan suspensi yang lebih lembut. Dengan bagian-bagian ini, GasGas menargetkan konsumen yang lebih fokus pada kesenangan daripada memenangkan balapan. Secara umum, pembeli GasGas dapat dibagi menjadi dua kategori. Pertama, pengendara yang menyukai ide suspensi yang lebih lembut dan mewah, ditingkatkan dengan kelenturan klem rangkap tiga aluminium. Kedua, pengendara yang berencana untuk melepas komponen suspensi GasGas untuk dipasang dan diklem khusus untuk kebutuhannya (dengan klem tiga billet sebagai bagian dari pembaruan, pada dasarnya mengubah GasGas MC 125 menjadi KTM 125SX).

Membandingkan GasGas dengan Husqvarna di trek, secara mengejutkan lebih cepat keluar dari tikungan, membuatnya lebih mudah untuk menyerap tenaga dan lebih baik bagi pengendara berpengalaman yang ingin melaju kencang. Skor GasGas di atas Husq dan di bawah KTM pada pengiriman daya karena bentuk kotak udara lebih baik untuk mengalirkan udara daripada Husq, tetapi penutupnya lebih tertutup daripada di KTM. Untuk handling, GasGas lebih lembut dan nyaman untuk pebalap pemula tapi terlalu lembut untuk pebalap profesional.

Husqvarna telah berada di bawah payung KTM sejak 2014. Sebelum itu, Husqvarna TC125 dibuat di Italia dengan suara khas Italia yang aneh. Husq terus meningkatkan “permainan gaya” berkat para desainer di Kiska yang merupakan departemen desain resmi untuk semua merek Austria.

Perbedaan pertama antara Husqvarna dan KTM adalah platform suspensi yang lebih rendah. Husq memendekkan garpu depan sebesar 10mm, memperpanjang head seal pada shock, memperpanjang shock linkage dan menyesuaikan geometri linkage tingkat kenaikan untuk menurunkan bagian belakang sekitar satu inci di jok pengendara. Nilai lebih pada Husqvarna adalah bagian belakangnya sedikit lebih lebar, yang diyakini beberapa pengendara membuat Husq lebih mudah digenggam dengan kaki mereka. Satu kelemahan dari paket desain Husqvarna adalah subframe komposit karbon/plastik yang memiliki airbox berbentuk berbeda dan penutup airbox full-length yang disalahkan untuk detuning respon throttle.Makanya Respons throttle yang diredam dan tenaga putaran yang lebih lambat terlihat pada FC450, tetapi sensasinya diperbesar pada 250 empat langkah dan 125 dua langkah.

Dibandingkan dengan KTM dan GasGas, Husq lebih sulit untuk masuk ke powerband, yang berarti lebih mudah macet di tikungan keluar tikungan yang sempit, dan tidak responsif saat menginjak gas. Sisi lain pada Husqvarna dengan pusat gravitasi yang lebih rendah adalah sesuatu yang kita hargai.

Dengan berat 194 pon, KTM memiliki pengaturan suspensi paling keren dengan katup yang lebih kaku daripada penawaran GasGas atau Husky. Ia juga memiliki kotak udara yang bernafas lebih baik daripada dua saudaranya. Tingkat stabilitasnya, memberikan respons dan kekuatan throttle paling tajam. Di kelas ini, dengan sentuhan sedikit modifikasi menghasilkan peningkatan yang signifikan. KTM 125SX hadir dengan powerband yang sangat menyenangkan untuk dikendalikan dengan sensasi profesional.

Untuk pebalap Pro, pengaturan suspensi KTM yang lebih kaku dapat menangani kecepatan yang lebih tinggi serta lompatan yang lebih besar. Semua motor 125 asal Austria memiliki garpu udara WP XACT  dengan perubahan besar pada tahun 2021. Penting juga untuk dicatat bahwa KTM, Husq dan GasGas meluncur dari jalur perakitan dengan bagian-bagian yang hilang dari Yamaha, seperti:  Penyeimbang untuk mengurangi getaran pada mesin, Selang baja dikepang, Aktuasi kopling hidrolik, Rumah kopling baja dengan gigi utama yang dikerjakan dengan mesin CNC, Rem Brembo 260mm di depan dan belakang, Wheel spacer yang menggunakan bantalan dan bukan as (memungkinkan pemilik untuk menggunakan roda aftermarket meskipun diameter as berbeda dan bahkan jika ukuran as berubah dari tahun ke tahun, Grip pengunci ODI, Kotak udara tanpa alat yang sangat nyaman dengan filter Udara Kembar, Klem segitiga billet CNC (khusus Husqvarna dan KTM),Pengukur jam (khusus Husqvarna dan KTM) dan grommet karet untuk menahan goresan kabel sakelar pada setang,  Pengaturan Katup Daya yang Dapat Disesuaikan, axle slots belakang yang sangat Panjang, Throttle ala gaya Gunnar Gasser.

Dari tiga motor Austria yang berbeda, KTM adalah yang terbaik untuk pebalap karena lebih cepat dan tahan lebih kuat. Husqvarna  adalah yang terbaik untuk pemula, pemula dan pengendara veteran, sangat gesit dan memiliki output daya yang halus. GasGas adalah yang terbaik untuk pengendara yang ingin menghemat budget dan menonjol dari keramaian.

 Dulu Yamaha adalah yang termudah untuk dikendarai, tetapi sekarang tidak lagi. Yamaha jelas menggeser target demografi YZ125 dari pengendara muda dan ringan membuat transisi dari mini ke jajaran sepeda besar ke audiens yang lebih cepat dan lebih berat yang sudah memiliki pengalaman empat-tak tetapi turun ke 125 untuk pengalaman dua-tak.

YZ125 kehilangan kualitas soal mudah dikendarai, Hasil dyno, YZ125 -2022 lebih lambat dari YZ125- 2021 dari celah throttle, sebanyak 1-1/2 tenaga kuda dari YZ125 tahun lalu pada 6500 rpm. Tenaga YZ125 2022 dimulai pada 7500 rpm dan 1 tenaga kuda lebih kuat dari sepeda tahun lalu yang paling sering dikendarai, hanya kalah di bawah 7500. Angka dyno bukanlah yang Yamaha harapkan, tapi untungnya tenaganya memiliki yang dibutuhkan untuk 125 balap.

Untuk handling YZ125 juga ditargetkan untuk pengendara yang lebih cepat, lebih berat dan lebih berpengalaman dari sebelumnya. Sama seperti mesin YZ125- 2021 yang ramah untuk pemula, suspensi tahun lalu lembut dan mewah. Untuk edisi 2022, tingkat pegas telah ditingkatkan dari 4,2 menjadi 4,3 pada garpu dan 46 menjadi 48. Dan katup juga dibuat lebih kaku. Plus, subframe dan jok baru menciptakan topografi  motor yang lebih datar dengan ketinggian jok yang lebih tinggi.

Untuk penghargaan motor Motocross 125cc 2 Tak, KTM 125SX paling cocok untuk pembalap, Dengan keunggulan 2 hp Yamaha YZ125 dan respons throttle yang lebih tajam daripada Husqvarna dan GasGas, KTM lebih siap memenangkan balapan.

Husqvarna TC125 dengan handling ringan, sangat cocok bagi pemula karena tenaganya yang halus, mudah diatur, dan suspensinya yang lebih rendah. Pebalap pemula akan lebih cepat mengatur ritme power Husqvarna TC125 dan jika digunakan pebalap Pro akan lebih lambat.

Yamaha YZ125 baru lebih baik dari versi sebelumnya untuk pebalap cepat tetapi tidak  secepat motor asalAustria. Ini juga lebih buruk bagi pengendara yang kurang berpengalaman dengan perpindahan, kopling, dan mempertahankan rpm tinggi. Sekarang, tepat setelah Yamaha melangkah lebih dekat pada tahun 2023, KTM dan Husqvarna bersiap untuk merilis all-new two-stroke pada tahun 2023 untuk menyamai empat-stroke Factory Edition 2022 yang baru saja keluar

.