NEWS.VMX.ID – Kawasaki mulai serius melangkah ke Enduro dan off-road, dengan pertimbangan karena pasar tumbuh dan banyaknya modifikasi dari model motorcross KX untuk Enduro. Kawasaki kini menyiapkan unit khusus untuk endure yang diberi nama KX-X yang dikeas dalam dua model.
Apa yang Kawasaki lakukan untuk mengubah KX menjadi KX-X? Jelas tidak ada lompatan besar dari dua model motorcross, KX ke versi Enduro, KX250X dan 450X ini. Motor enduro Genk Hijau ini tetap untuk porsi tertutup, bukan homolog untuk penggunaan jalan dari standar di pabrikan.
Perbedaan KX vs KX-X:Roda belakang 18 inci,Ban Dunlop AT81,Rake dan jarak ketinggian kursi sedikit berbeda (ketinggian kursi 2mm) karena roda belakang,menggunakan standar samping, pelindung dari serbuan air,Satu gigi tambahan di sproket belakang. Suspensi Showa Standar memiliki pegas bukan garpu udara dengan pegas yang lebih ringan pada model enduro (depan 4.8nm dan 52nm belakang), ditambah pengaturan redaman “terbuka”.
Peralatan KX standar juga mencakup E-start, kopling hidrolik, fatbar renthal, posisi bar yang dapat disesuaikan 4 posisi di klem tiga (25mm atau 15mm lebih maju dari standar 10mm ), braket footpeg yang dapat disesuaikan dua posisi ditambah lebih banyak daya di seluruh rentang rev pada model KX 2023, rasio gigi baru dan kopling hidrolik disk-coned yang direvisi.
Proporsi yang lebih ramping, lebih sedikit tingkat kekakuannya, lebih banyak kebebasan bergerak di sekitar motor, posisi berkendara yang lebih fleksibel, lebih kecil kemungkinannya untuk macet, lebih banyak kekuatan linier yang memicu dan mengambil lebih baik melalui rentang the rev-range.
Soal kualitas versi enduro Kawasaki, tampak sederhana , rapi dan menyegarkan. Juga, tidak rumitnya model KX terlihat fungsional dibandingkan dengan beberapa merek lain, lebih sederhana tetapi rapi dan rapi disatukan dan dengan cara yang menyegarkan.