Review

Kawasaki KX250 2023 Evolusi Motor Hiperaktif yang Bikin Pesaingnya Berteriak Takjub

By: VMX Media | 18/12/2022 | 535
Kawasaki KX250 2023 Evolusi Motor Hiperaktif yang Bikin Pesaingnya Berteriak Takjub

NEWS.VMX.ID – Kawasaki KX250 2023 digambarkan oleh rider test ride-nya sebagai motor yang memukau dengan perubahan ekstensif. Perubahan tersebut terdapat pada bagianstart elektrik, rangka diperbarui total, bodywork baru, suspensi di-setting ulang, dan menjadi satu-satunya motor motocross 250cc asal Jepang dengan kopling hidrolik.

Satu-satunya Motor motocross 250cc asal Jepang dengan kopling hidrolik

Kawasaki KX250 memasuki tahun 2023 dengan perubahan tak terlihat yang membuat perbedaan besar. Sepertinya sulit dipercaya, tapi baru dua tahun lalu, Kawasaki KX250 menjadi anggota generasi kickstart. Tidak banyak yang bisa dibanggakan oleh KX diehards, kecuali satu hal, yaitu kenaikan power mesin yang telah dibuktikan di kompetisi bergengsi.

Margin keunggulan hasil dyno Kawasaki hanya sepersepuluh horse power (HP). Hasil itu hanya terjadi antara 12.000 rpm dan 13.000 rpm. Sekarang, perubahannya kurang revolusioner, tetapi lebih strategis ditujukan untuk memperbaiki kekurangan sebenarnya dari motor. Berikut daftar perubahan yang nampak tidak terlihat, tanpa mengamati secara detail dan paham.

Kepala silinder dengan katup yang lebih kecil yang diatur pada ketukan nada mesin yang berbeda, injektor hulu dipindahkan dari atas ke bawah asupan udara, saluran masuk lebih lurus, rotor flywheel lebih berat, pipa kepala lebih panjang, pemetaan pengapian baru, rasio gigi pertama dan kedua lebih tinggi sehingga sepeda motor diatur untuk melaju lebih cepat dan bergeser lebih lambat di masing-masing gigi tersebut.

Pada bagian sasis terdapat lokasi footpeg yang sedikit berbeda dari generasi sebelumnya, ban belakang yang lebih besar (110/90-19), dan lebih banyak redaman kompresi.

Beberapa fitur yang masih sama di antaranya adalah pemetaan berbasis coupler, footpeg masih menampilkan dua opsi untuk ketinggian pemasangan, dan stang memiliki empat posisi.

Salah satu perubahan yang paling signifikan adalah pengurangan ukuran katup. Katup lama sangat besar sehingga berada tepat di tepi dinding silinder. Hal ini menghambat pengisian bahan bakar. Sekarang, ukurannya lebih kecil sehingga bahan bakar dapat masuk dengan mudah.

KX250 masih menjadi monster soal di bagian perputaran tenaganya. KX250 memiliki rangka dan bodywork yang sama persis dengan KX450, tetapi memiliki karakter yang sangat berbeda.