BANDUNG, VMXMedia.ID – Selama lima dekade terakhir, jajaran Kawasaki tipe KX telah membantu membuka jalan bagi para pembalap untuk meraih podium kejuaraan motocross. Harus diakui, keluarga KX tetap menjadi salah satu merek sepeda motor motocross dan supercross paling dominan saat ini, dengan KX450 terus menjadi salah satu sepeda motocross terdepan di kelasnya.
Di 2024 ini, dengan petunjuk pengembangan dari tim balap pabrikan Monster Energy Kawasaki, muncullah all-new KX450, yang diklaim sebagai salah satu mesin off-road terkuat di lintasan.
Seperti dilansir Kawasaki-Motor.co.id, fitur-fitur baru untuk tahun 2024 hadir untuk memanjakan pengendara, seperti kepala silinder baru, rangka aluminium ringan, knalpot tengah, pegangan ODI Lock-On, rem Brembo, Kawasaki Traction Control (KTRC), mode berkendara dengan sakelar yang dipasang di stang kotak, dan konektivitas Bluetooth menggunakan aplikasi Rideology.
Berikut adalah detail pembaruan yang dilakukan.
1. Mesin
Kawasaki mengubah tata letak seluruh sistem drivetrain –dari sudut katup hingga lubang masuk dan buang simetris yang menghasilkan aliran udara lebih lurus. Hasilnya, tenaga meningkat di semua area pada posisi throttle atau rpm mesin mana pun.
Kepala silinder kini memiliki desain knalpot port tengah dengan sistem pembuangan baru yang berkontribusi terhadap tenaga puncak dan pengendalian sekaligus memungkinkan bodywork lebih ramping. Knalpot pipa juga dimajukan, meningkatkan sentralisasi massa, dan memiliki dudukan yang lebih kuat.
2. Rem
KX450 2024 hadir dengan rem depan Brembo, master silinder, kaliper, dan tuas yang terdepan di kelasnya (menghilangkan tuas rem berbentuk janggal tahun 2023). Kaliper Nissin tetap berada di roda belakang, tetapi rotor belakang telah dikurangi dari 250mm pada tahun 2023 menjadi 240mm pada tahun 2024.
3. Ergonomi
KX450 2024 akan menampilkan bodywork baru yang jauh lebih ramping. Selubung, penutup samping, dan spakbor belakang semuanya didesain ulang. Selain itu, desain pelepas cepat baru akan ditampilkan pada penutup kotak udara untuk memberikan akses tanpa alat ke filter udara, yang berarti baut 8 mm yang dapat dilepas dengan mudah pada penutup akan hilang pada tahun 2024.
Di sisi lain, pegangan ODI Lock-On akan menjadi standar pada KX450 dengan aksen hijau pada ujung karet dan perangkat keras pemasangan.
4. Paket Elektronik
Kawasaki sebelumnya menawarkan kit kalibrasi KX FI seharga $700 dan coupler plug-in untuk melakukan perubahan pemetaan. Tidak ada sakelar peta tombol-tekan yang mudah digunakan di setang. Untuk tahun 2024, Kawasaki telah mengembangkan aplikasi ponsel cerdas yang terhubung dengan bluetooth bernama Rideology yang memungkinkan pengendara mengakses dan mengubah peta bahan bakar dan pengapian dengan pengontrol yang dipasang di setang, sehingga menghilangkan konektor plug-in model lama. Dua peta berbeda tersedia untuk mengelola pengaturan kontrol traksi Kawasaki –standar dan ringan. Untuk tahun 2024, pengendara dapat memilih tingkat kontrol traksi, menyesuaikan antara dua mode tenaga, dan mengaktifkan kontrol peluncuran hanya dengan menekan satu tombol.
5. Sasis
Terdapat rangka perimeter aluminium baru, ringan, yang menampilkan kekakuan optimal dan geometri rangka yang diklaim dapat meningkatkan kesan bagian depan.
Menurut Rifky dari PT CKP, dealer Kawasaki Jabar, harga Kawasaki KX 450 edisi 2023 adalah Rp166.300.000. “Namun, belum ada keterangan resmi soal harga all-new 2024, karena baru bulan Maret harga resmi keluar,” ujarnya.
Namun, VMX Media mendapat bocoran, harga 2024 akan lebih mahal sekitar USD 800-1.000, jadi diperkirakan harganya di kisaran Rp180 jutaan. Yang jelas, jika braaapers tertarik untuk memilikinya, mesti inden beberapa bulan karena harus diimpor CBU dari Jepang atau Amerika Serikat. (day)