Inilah Triumph Scrambler 1200 X/XE, Dilengkapi Mode Berkendara Off-Road

By: VMX Media | 24/01/2024
Inilah Triumph Scrambler 1200 X/XE, Dilengkapi Mode Berkendara Off-Road

BANDUNG, VMXMedia.ID – Perusahaan sepeda motor asal Inggris, Triumph, mengawali pekan pertama tahun 2024 dengan mengadakan peluncuran Scrambler 1200 XE yang diperbarui dan Scrambler 1200 X baru di Borrego Springs, California, Amerika Serikat. Menariknya, seperti dikutip dari RiderMagazine.com, mereka lebih murah daripada varian sebelumnya.

Kedua model Scrambler 1200 X dan XE punya spesifikasi lebih tinggi. Mereka dilengkapi dengan mode berkendara Off-Road, roda tubeless dengan jari-jari depan 21 inci, dan travel suspensi yang cukup besar: 7.9 inci pada X dan 9,8 inci pada XE. Suspensi setinggi itu menghasilkan  tempat duduk yang tinggi: 33,1 inci pada X dan 34,25 inci pada XE. 

Scrambler 1200 X menghadirkan pilihan yang lebih ekonomis bagi para penggemar motor petualangan. Meskipun lebih terjangkau, X masih menawarkan teknologi canggih seperti kontrol traksi, ABS, lima mode berkendara, pencahayaan LED penuh, dan dasbor LCD/TFT yang terpisah.

Sementara itu, Scrambler 1200 XE adalah pilihan yang lebih canggih dalam jajaran ini. Selain fitur-fitur yang dimiliki oleh X, XE juga menambahkan mode berkendara Off-Road Pro, yang akan sangat berguna bagi para pengendara yang mencari pengalaman off-road yang menyenangkan.

Namun, hanya karena lebih murah bukan berarti motor ini ecek-ecek. Braaapers tetap akan mendapatkan manfaat dari kontrol traksi yang canggih dan sistem ABS, dilengkapi dengan lima mode berkendara yang beragam. Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan lampu LED penuh yang efisien dan dasbor LCD/TFT terpisah yang dapat memberikan informasi berkendara secara jelas kepada pengendara.

Selain itu, terdapat beberapa pembaruan dari model Scrambler sebelumnya, termasuk penggunaan bodi throttle tunggal dengan diameter 50 mm dan perubahan pada header knalpot. Perubahan tersebut bertujuan untuk meningkatkan aliran udara dan menghasilkan torsi yang lebih besar, di atas 5000 rpm.

Dari segi mesin, kedua motor ini menggunakan mesin kembar paralel 1200cc 8v SOHC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 90bhp, dengan torsi puncak yang muncul pada putaran mesin 4250 rpm.

Suspensi Scrambler 1200 kembali disediakan oleh Marzocchi, menggantikan suspensi Showa di bagian depan dan Öhlins di bagian belakang yang digunakan pada model XE sebelumnya. Meskipun perubahan ini dapat mengecewakan beberapa pengguna, motor ini sekarang memiliki keunggulan tambahan dengan penggunaan kaliper monoblok radial Brembo Stylema dengan empat piston ganda yang dipasang pada cakram berdiameter 320mm. Walaupun terdapat perubahan merek suspensi, travel suspensi tetap mencapai 250mm dengan kemampuan penyesuaian penuh di kedua ujungnya.

Sistem pengereman di bagian depan masih mengandalkan sepasang cakram berdiameter 310mm, yang diatur oleh kaliper aksial dua piston Nissin untuk memberikan daya henti yang handal.

Nah, bicara harga, untuk varian X, Triumph telah memangkas biaya on the road (OTR) sebesar £800 dibandingkan model XC yang sudah ada. Scrambler 1200 X dibanderol dengan harga £11,895 atau setara dengan Rp224 juta. Selanjutnya, untuk varian XE sebesar £13,295 atau setara dengan Rp250 juta. (day)