Ini Dia Jenis Bearing dengan Posisi dan Peran Pentingnya pada Motor Trail

By: VMX Media | 30/03/2023 | 635
Ini Dia Jenis Bearing dengan Posisi dan Peran Pentingnya pada Motor Trail

Written by Munandar Nuch Arsih

VMX.ID – BEARING motor adalah komponen penting dalam mesin motor. Bearing motor berfungsi sebagai bantalan pada poros motor dan memungkinkan poros motor berputar dengan mulus serta stabil. Bearing motor juga membantu mengurangi gesekan antara poros motor dan rumah motor, sehingga memperpanjang masa pakai motor.

Pada dasarnya, bearing terbagi menjadi dua, yaitu solid bearing dan anti-friction bearing. Perbedaan antara keduanya teletak pada cara mereka menopang beban dan mengurangi gesekan.

  1. Solid Bearing

Solid bearing adalah jenis bearing yang terbuat dari bahan yang padat, seperti logam atau plastik. Solid bearing menopang beban dengan cara menempatkan permukaan bergesekan langsung pada poros atau bantalan. Solid bearing biasanya digunakan untuk beban berat dan aplikasi kecepatan rendah karena konstruksinya yang sederhana dan kokoh. Bearing kategori ini dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu split half bearing, sleeve bearing, dan bushing bearing.

  • Split half bearing lebih banyak dipakai pada mesin motor dan mobil di bagian crankshafft dan connecting rod. Bearing ini umumnya diberi tambahan lubang oli  yang berfungsi untuk mengalirkan oli ke seluruh permukaan bearing. Bearing ini juga mempunyai locking tabs yang terletak di bearing caps dan berfungsi mencegah bearing bergerak secara horizintal di shaft.
  • Sleeve bearing digunakan pada jenis shaft roda seperti as roda gardan. Bearing jenis ini dilapisi dengan bronze atau babbitt metal.
  • Bushing bearing adalah bantalan yang digunakan sebagai tempat poros berputar, dan bagian pelindung gesekan yang berbentuk melingkar seperti cincin.
  1. Anti Friction Bearing

Anti friction bearing digunakan di bagian komponen mesin yang berputar. Bearing ini berfungsi mengurangi gesekan pada permukaan bearing yang rata. Bagian anti fraction bearing terdiri dari inner race, outer race, ball atau roller bearing, needle bearing, dan cage.

  • Inner race adalah cincin baja yang dikeraskan dengan alur pergerakan roller atau ball di bagian luarnya. Bagian ini sering dipasang pada shaft yang berputar dan berfungsi sebagai penyangga bearing.
  • Outer race adalah cincin baja bagian luar yang dikeraskan dengan alur untuk pergerakan ball atau roller di bagian dalam.
  • Ball atau roller adalah bagian di antara inner dan outer race yang berfungsi  mengurangi gesekan yang dilakukan oleh ball berbahan baja yang bergerak bebas di antara keduanya.
  • Cage adalah bagian yang berfungsi menjaga jarak antar inner dan outer race, serta ball atau roller yang satu dengan yang lainnya.

Jika komponen motor trail tidak dilengkapi bearing dan terus bergesekan, komponen tersebut tidak akan bekerja dengan maksimal dan mempercepat keausan.