Review

Husqvarna Resmi Pasarkan FC450 2022, Mari Simak Perbedaan dan Kelebihannya

By: VMX Media | 23/02/2022 | 984
Husqvarna Resmi Pasarkan FC450 2022, Mari Simak Perbedaan dan Kelebihannya

VMX.ID- Husqvarna resmi memasarkan FC450 2022, banyak pertanyaan dari publik penggemar motocross soal kelebihan dan perbedaan di banding versi 2021. Beberapa perbedaannya terletak pada separator pemisah udara oli ( AOS ) dengan fungsinya memisahkan tekanan udara berlebih di oli mesin. Artinya teknologi ini mengeluarkan kumpulan kabut udara yang mengendap dengan metode sentrifugal agar udara keluar melalui tabung ventilasi. Kemudian mengirim kembali oli yang telah dipisahkan oleh udara ke bak mesin.

Perbedaan dari bagian bodi, di gantikannya plastic  doff bagian bawah oleh warna putih solid dibagian atas dan bawah. Bodi airscoop dan penutup jok warna kuning digantikan biru.

 Husqvarna juga menerapkan perangkat kopling Magura yang erdiri dari Master cylinder, lever clutch dan slave unit. Kelebihannya, tariakan tuas lebih ringan dengan linear lebih halus.

Pada bagian sasis atau frame, dikemas dengan pembaharuan geometri dan jarak ideal pengendara menapak tanah. Husqvarna memutuskan untuk mempersingkat jarak rake suspensi dan menurunkan sasis sekitar 1 inci. FC450 lebih rendah, ringan, ramping dan ramping dan dukungan  sasis baja chromoly yang tangguh. Alhasil, Husqvarna di kemas lebih rendah dari suadaranya KTM dan GasGas.

Mendukung dipangkasnya sasis, bagian suspensi juga di perpendek batang katrid di kurangi 10 mm. Ukuran tersebut untuk menyesuaikan Panjang tabung penyangga suspensi. Pengurangan 10mm yang sesuai pada panjang tabung penyangga WP. Mengganti batang kartrid dan tabung penopang memungkinkan WP suspense mempertahankan pemisahan yang sama antara busing di tiang penopang dan bagian dalam garpu layaknya pada garpu yang lebih Panjang.

Pemisahan tabung di imbangi dengan desain ulang dengan empat inovasi yaitu ; Menambah bypass oli agar tekanannya berkurang, Memasang emapt lubang bypass untuk menghindari lonjakan tekanan udara, Menggandakan panjang slot bleed cross-over berkoordinasi dengan memperbesar ukuran ruang ruang udara negatif untuk tekanan udara yang lebih progresif di sisi negatif. (4) Kerucut bagian bawah sebelumnya di kaki peredam diganti dengan karet O- ring  bump-stop agar ruang lebih leluasa mendukung Gerakan rebound. Untuk menyeting ini, cukup di setel dengan tangan.

Perubahan ini bertujuan agar membuat langkah lebih lancar, mengurangi lonjakan tekanan, menghilangkan tekanan oli berlebih, mengurangi efek perubahan kecepatan pegas hiper-progresif garpu udara dan memperpendek langkah garpu depan . WP membuat langkah maju yang besar dalam kinerja suspensinya. Upside down model  udara WP XACT 2022 di klaim lebih baik daripada suspense yang ada pada Honda, Suzuki, dan Kawasaki.

Pada shock belakang, Husqvarna mengubah linkage shock lengkap dengan membuat link arm lebih panjang, merancang engkol lonceng baru yang menurunkan ketinggian jok hampie 1 inchi. Sentuhan akhir adalah menaikkan tutup kepala seal pada shock sebesar 6mm untuk membatasi shock stroke dari 140mm menjadi 134mm. Karena Husqvarna mengubah titik awal kurva kecepatan naik, langkah kejut dan panjang lengan linkage, makanya perlu menaikkan kecepatan pegas dari 42 N/mm menjadi 45 N/mm.

Husqvarna terkesan dari para pengendara Profesional, intermediate, Novice dan veteran yang banyak suka dari sisi powerband nya. Sangat mudah dikendarai berkat kombinasi powerband yang hebat, suspensi mewah, geometri sempurna, dan pusat gravitasi keseluruhan yang lebih rendah. Performa tersebut membuat output powernya lembut tapi agresif. Tenaganya termodulasi dengan sangat baik saat di tikungan. Husqvarna di siapkan agar lebih ramah tenaganya ke pengendara melalui respons throttle.