Fakta Unik Motor Trail dan Cara Handlenya

By: VMX Media | 20/09/2022 | 512
Fakta Unik Motor Trail dan Cara Handlenya

NEWS.VMX.ID – Motor trail sebagai kendaraan  hobi untuk berinteraksi langsung dan nyata dengan alam, melalui aktifitas adventure. Faktanya, Dari sisi teknis memang mempunyai yang mumpuni menghadapi situasi ektrims. Fakta unik dari sisi desain bodi yang diolah pada bodi super lentur, hasil dari komposisi plastik dan material unggulan pendukungnya. Bodi lentur di aplikasikan dalam mendukung efek ektrim benturan di jalur ektrims.Lalu dengan fitur ground clearance di seting dalam jarak aman melindungi mesin dari benturan dalam riding di alam bebas seperti hutan dan perkebunan.

Berikutnya,Ukuran diameter roda depan lebih besar dari roda belakangnya.Berikut shock depan lebih panjang dibandingkan motor biasa, makanya dibutuhkan diameter roda depan lebih besar. Makanya,pengendara akan merasa aman dan nyaman di jalur off road dan melintasi dengan lincah.

Ban motor trail menggunakan ban depan berukuran ring 21 sementara ban belakang ring 18. Juga ada versi ukuran ban depan ring 19  dan belakangnya ukuran ring 16. Bentuk ban dengan Kembangan sekat- sekat Kembangan mirip tahu yang disebut ban pacul untuk mengakomodir jalur ektrims dengan berbagai kontur jalan.Ban pacul untuk jalur off road daya cengkeram dari ban pacul, agar mampu menghadapi kondisi jalan kasar dan curam.Berikutnya peredam kejut berukuran lebih Panjang, dengan pertimbangan motor trail memiliki bodi ringan dan ukuran roda yang lumayan besar.  

Mengendarai motor trail membutuhkan keterampilan, kesabaran, dan pemikiran cepat. Sistem suspensi motor trail berkaitan dengan ban motor trail, karena sifat olahraga yang berat, motor trail sering mengalami masalah mekanis yang tampaknya tidak segera terjadi setelah dikendarai.

Berkendara sesuai kemampuan, Meskipun mungkin tergoda untuk mengatasi jalur tingkat ahli, mencoba trek atau rintangan di atas kemampuan dapat berbahaya karena berbagai alasan manuver.  

Terkadang inspeksi harian membantu mengidentifikasi banyak masalah dengan  motor trail,yang dapat mengakibatkan pengendaraan yang tidak aman atau bahkan berbahaya.

Setelah berkendara,Pastikan ban motor trail diberi tekanan yang benar dan tidak menunjukkan tanda-tanda aus. Uji semua kontrol lain untuk membuktikan fungsionalitas dan pastikan tidak ada yang lepas, hilang, atau rusak.

Trek sepeda motor trail biasanya dipenuhi dengan medan berbatu, cabang, dan rintangan lain bagi pengendara untuk bermanuver. Suspensi fleksibel dan tapak ban sepeda motor trail memungkinkan manuver yang cepat dan efektif serta mendukung benturan keras dari lompatan dan trik. Pengendara biasanya memakai perlengkapan pelindung jersey ringan yang dirancang untuk aerodinamis dan breathability daripada perlindungan tugas berat jika terjadi kecelakaan.

Hindari berkendara dibawah pengaruh zat apa pun, seperti obat-obatan, alkohol, atau zat lain yang dapat mengubah fungsi otak pengendara. Berbahaya saat mengendarai motor trail , mengingat jalur off-road dan jumlah rintangan yang dihadapi dalam aktivitas off road bermotor. Ketika bermotor off road, harus memiliki pikiran yang jernih dan tubuh yang sehat. Dan menenangkan diri adalah yang paling penting untuk dilakukan.