Fork-King Hadir dengan Desain Sederhana untuk Performa Suspensi yang Tak Mudah Kendor

By: VMX Media | 27/09/2023 | 162
Fork-King Hadir dengan Desain Sederhana untuk Performa Suspensi yang Tak Mudah Kendor

Written by Munandar Nuch Arsih

VMXMedia.IDSUSPENSI depan atau front suspension, bisa dikatakan merupakan bagian terpenting untuk mendukung sepeda motor trail. Namun tak jarang, suspensi depan mendapatkan penanganan yang buruk. Biasanya, hal tersebut disebabkan pemasangan yang tidak tepat atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

Pemasangan suspensi dapat memberikan tekanan pada ban yang dapat merusak bagian seal dan pegas. Untuk mengurangi tekanan tersebut, dapat mencoba memasukkan wadah oli kosong berukuran empat liter atau balok kayu di antara pelindung lumpur depan dan ban, namun cara ini sangat repot dalam menyelesaikannya dan kurang bermanfaat.

Saat ini, telah hadir alat untuk mengurangi tekanan ban motor trail, yang bernama Fork-King. Alat ini hadir sebagai solusi yang dapat memudahkan pemasangan suspensi depan. 

Dilansir adbmag.com.au, Fork-King memiliki desain kontruksi yang sangat sederhana. Produk yang diproduksi dari distrik Macleay, Queensland, Australia ini, sangat handal dengan daya tekan yang lebih presisi dan tidak mudah kendor.

Dalam satu unitnya, Fork-King dapat digunakan untuk motor trail berkapasitas 85cc ke atas. Namun, produsennya mengklaim, untuk kebutuhan motor trail yang lebih kecil dapat disesuaikan dengan memotong bagian sesuai dengan ukurannya. Untuk ukuran standar, disiapkan dari 250mm hingga 350mm.

Fork-King juga mudah digunakan dengan memasukannya ke dalam lorong antara ban depan dan segitiga bawah motor trail. Cukup dilakukan dengan memutar tarik pengikatnya. untuk memastikan ukuran yang sesuai dalam setiap sentimeternya. 

Fork-King mengambil tekanan dari katup, shim, pegas, dan seal pada garpu depan, serta menerapkannya pada ban dan spakbor yang menempel pada triple-clamp bawah. Selain itu, pada produk ini, terdapat benang nilon, fiberglass, dan mur yang lebih kuat dan tahan lama.

Suspensi yang Fork-King hadirkan, hadir dengan lima tipe, yakni tipe single combo, twin pack, three pack, maxi combo, extra combo, dan fully adjustable fork support. Kelima tipe ini memiliki range harga mulai dari AUD 42.00 hingga AUD 156.00, atau seharga Rp415.000 hingga Rp1,5 juta. Hingga artikel ini ditulis, belum ada keterangan yang menunjukkan kehadiran Fork-King di Indonesia. Waduh sayang, ya, braaapers!