Evolusi Yamaha XT600 Jadi Motor Supermoto dengan Rangka Teralis Buatan Tangan

By: VMX Media | 23/07/2024
Evolusi Yamaha XT600 Jadi Motor Supermoto dengan Rangka Teralis Buatan Tangan
Foto: autoevolution.com

CORDOBA, VMXMedia.ID – Braaapers, motor yang kamu lihat saat ini adalah sebuah evolusi dari motor trail Yamaha XT600 buatan tahun 1993, jadi motor supermoto keren nan menggoda. Beroperasi sebagai bengkel custom di Cordoba, Argentina, Lucas Layum dan krunya telah menarik banyak perhatian dari para pecinta sepeda motor di berbagai belahan dunia.

Menurut autoevolution.com, Yamaha XT60O ini adalah proyek ke-103 yang dibuat. Motor ini dipesan oleh klien dari Buenos Aires untuk mencari motor supermoto unik yang lezat, yang tidak cukup puas dengan penawaran pabrik di luar sana. Sebagai titik awal proyek, orang-orang tersebut memilih Yamaha XT600 dari model tahun 1993, namun sangat sedikit perlengkapan stoknya yang dipertahankan. Tentu saja, mesin gebukan torsi 595cc masih ada, begitu pula peredam kejut OEM yang legendaris.

Hampir semua hal lainnya dihilangkan, termasuk rangka pabrik sepeda motor, roda, dan semua bodywork aslinya. Dengan kanvas kosong di meja kerja mereka dan siap beraksi, pasukan Lucas memulai dengan membuat kerangka teralis baru dari awal. Pada batas tertentu, rangka kustom ditata sesuai dengan unit trestle Ducati Hypermotard, dan dihubungkan ke lengan ayun aluminium baru yang dibuat sendiri.

Setelah memperbarui monoshock XT600 dan membuatnya berfungsi dengan konstruksi yang diperbarui, mereka mengalihkan perhatian mereka ke bagian depan. Di sana ada satu set garpu terbalik premium yang dipasang melalui klem rangkap tiga yang dipesan lebih dahulu; sebuah peningkatan besar dibandingkan perangkat keras bawaan. Velg diganti oleh ring Yamaha R6 berukuran 17 inci yang dimodifikasi, dibungkus dengan ban Michelin yang lengket di bagian depan dan belakang.

Untuk meningkatkan tenaga pengereman, rem diubah dan dilengkapi dengan cakram pengganti, serta selang baru dan silinder master yang dibuat ulang. Roda gigi yang diperbarui pasti akan membawa penanganan Yamaha di aspal ke tingkat berikutnya, namun mesin satu silindernya juga telah mengalami perombakan menyeluruh dari dalam ke luar.

Ia kemudian menerima filter pod aftermarket bermutu tinggi dan knalpot baja tahan karat khusus, yang menjalankan konfigurasi dua-satu-dua menuju sepasang muffler di bawah jok. Lucky Custom juga hadir dengan bodywork, dan bintang pertunjukannya, yaitu penutup tangki mencolok yang dengan rapi menyembunyikan sel bahan bakar bagian dalam. Di ujung depan, braaapers akan menemukan struktur rumit yang menggabungkan rumah lampu depan, spakbor, dan penutup garpu menjadi satu kesatuan.

Lampu depan LED kembar menjaga jalan di depan tetap bagus dan terang, sedangkan lampu belakang tersembunyi rapi di bagian paling belakang pipa subframe. Bertengger di atas rangka belakang terdapat jok buatan tangan yang menampilkan jok kulit hitam dan jahitan bermotif berlian. Pasak kaki aluminium billet dan stang dengan penyangga silang melengkapi sisi ergonomisnya, dengan pegangan karet putih yang menawan. Terakhir, sepeda tersebut diberi nama Malambo setelah proyeknya selesai.

So, siapa braaapers di sini yang ga suka lihat penampilan memikat Malambo? (day)