Review

Dunlop MX 12 Spesialis Jagoan Traksi Lintasan Berpasir dan Tanah Lunak

By: VMX Media | 08/04/2022 | 1045
Dunlop MX 12 Spesialis Jagoan Traksi Lintasan Berpasir dan Tanah Lunak

VMX.ID – Dunlop merilis varian terbaru yaitu,Geomax MX12 sebagai ban spesialis ban untuk lintasan pasir, lumpur dan tanah lunak. Produk terkini Dunlop untuk melengkapi varian sebelumnya MX11. Keistimewaan lainnya, seperti meningkatkan kontrol bekas roda dan kontrol pengereman di tikungan.

Dengan pola tapak V-block dibarisan kenop tapak ban lebih dari 1-1/2 inci di MX12, maksimal menyendok tanah dan mendorong sepeda motor ke depan di tempat-tempat di mana ban medan menengah standar akan mencari traksi. Selain itu, pola blok-V membantu membuang lumpur dari ban dalam kondisi basah.

Teknologi kenop MX12 dominan menikung progresif dengan tipikal block-in-a-block baru dari Dunlop. MX12 telah diterapkan dari yang telah dipergunakandi tipe MX33 dan MX53. Hasilnya, MX12 prioritaskan peningkatkan traksi menikung dan kontrol sliding. Profil MX12 yang lebih sempit menambah panjang tambalan kontak, yang meningkatkan penyerapan benturan bekas roda. Bagian Ribs telah ditambahkan ke bagian belakang kenop tapak ban untuk meningkatkan stabilitas dalam pengereman.

Performa MX12 di lintasan lunak sangat solid, kuat, dan agresif. Mereka dapat menggunakan jalur alternatif yang terlalu dalam atau lunak. MX12 membuatnya lebih mudah untuk akselerasi menikung dengan tingkat kemiringan ekstrim dan mempertahankan garis yang mulus melalui tikungan yang kasar. Selain itu, perbandingan  kompon karet antara ban Dunlop MX12 dan tipe medan menengah, karet MX12 memiliki peringkat durometer yang sedikit lebih tinggi. Senyawa karet yang lebih keras membantu melawan kelenturan kenop.

Dunlop MX12 juga dapat maksimal ketika melintasi karakter lintasan menengah (kering), mampu menciptakan grid terhubung line yang cukup maksimal. Stabilitas  diperkuat pola kenop satu-satunya downside adalah bahwa bentuk kenop. Model tapak lebih tipis dan lebih tinggi mempunyai kekurangan tidak maksimal saat pengereman kuat di lintasan keras. Durometer MX12 yang lebih keras dan kenop yang lebih tinggi tidak memberikan cengkeraman yang dihasilkan oleh ban kompon lunak dengan rasio mendarat bagus di trek dalam dan basah.Terutama di trek lempung dengan jalur keluar sudut yang licin dan padat.