CRF450 Rally: Temui Sepeda Motor Jebolan Reli Dakar yang Jadi Next-Gen Pabrikan Honda

By: VMX Media | 18/01/2024
CRF450 Rally: Temui Sepeda Motor Jebolan Reli Dakar yang Jadi Next-Gen Pabrikan Honda

BANDUNG, VMXMedia.ID – Jika braaapers memantau jalannya Reli Dakar tahun ini, pasti tahu satu hal: Tim Monster Energy Honda adalah kekuatan yang amat diperhitungkan. Dari konteks itu, yang terpenting bukan hanya soal memiliki tim pembalap papan atas, melainkan juga soal para pembalap tersebut menunggangi sepeda motor CRF450 Rally Next-Gen (generasi berikutnya) dari Honda. 

Menurut ADVPulse.com, evolusi CRF Rally dari Honda Racing Corp. telah cukup konstan sejak prototipe yang didasarkan pada sepeda enduro produksi pabrikan pada saat itu memasuki arena reli pada tahun 2013. Namun baru pada Dakar 2020 Honda meraih emas dengan CRF ketika Ricky Brabec, mengendarai versi evolusinya, meraih gelar jawara. Tahun berikutnya, giliran Kevin Benavides meraih kemenangan untuk HRC. Namun sayang, edisi 2022 dan 2023 lepas dari tangan Honda. 

Pemimpin proyek HRC, Takashi Sasaki, mengatakan, menyiapkan CRF450 Rally baru untuk Dakar 2024, edisi yang disebut-sebut sebagai balapan terberat di muka bumi. “Dua puluh insinyur berkumpul dan satu tujuan dalam pikiran: Menang. Tim kami memiliki satu pedoman utama, yakni membuat mesin yang lebih ringan dan bertenaga yang unggul di bukit pasir. Dengan menerapkan pengalaman panjang Honda di Dakar dan masukan dari para pembalapnya, para insinyur berhasil mempertahankan semua poin bagus sekaligus menghapus kelemahan,” jelasnya.

“Saya pikir kami telah mencapai target. Sepeda ringan selalu menjadi keunggulan di medan pasir maupun di bebatuan yang tajam dan besar. Sekadar memberi gambaran, kami mengurangi bobot sekitar 8 persen dan meningkatkan tenaga kelas menengah bawah sebesar sekitar 5 persen. Dalam hal kecepatan tertinggi, batas yang diperbolehkan oleh peraturan tetap 160 km/jam, jadi akselerasinya sangat bagus,” kata Sasaki.

Spesifikasi Honda CRF450 Rally Dakar 2024 Berdasarkan spesifikasi yang diberikan, mesin DOHC berpendingin cairan 449,3cc. CRF terbaru ini mampu menghasilkan tenaga “lebih dari 45 kW” (60,35 hp) dengan menggunakan bore dan stroke 60,8 x 97 mm dan transfer tenaga diatur melalui enam kecepatan. 

Suspensi menggunakan merek Showa, garpu terbalik dan monoshock di bagian belakang, memungkinkan travel masing-masing 310 mm dan 305 mm). Rangka Rally adalah desain tipe tabung kembar aluminium yang dibantu oleh subframe serat karbon. Rem Honda adalah cakram depan 330 mm dan belakang 240 mm. Total kapasitas bensin pada tangki depan dan belakang adalah 35 liter. 

Wah, jadi ngiler dengan speknya, ya, braaapers. Trabasan di Bandung bisa melibas semua rintangan! (day)