BRC Racing & mXrevival Berkolaborasi Menciptakan Motor “Frankenstein” GasGas MC500 2-tak

By: Angga Kuntara | 09/02/2024
BRC Racing & mXrevival Berkolaborasi Menciptakan Motor “Frankenstein” GasGas MC500 2-tak
Foto: dirtbikemagazine.com

BANDUNG, VMXMedia.ID – Mesin 2-tak bisa dibilang nyaris punah. Produsen Jepang berhenti membuatnya pada awal tahun 2000-an, dan sekarang suku cadang untuk mesin ikonik tersebut pun tidak lagi tersedia. Namun, komunitas aftermarket menolak untuk membiarkan sektor 500cc 2-tak benar-benar punah. Faktanya, perusahaan seperti BRC Racing dan mXrevival memberikan suntikan adrenalin yang besar pada sektor ini. GasGas MC500 ini menjadi bukti dari hal tersebut.

Sangat menarik melihat perusahaan-perusahaan berusaha ekstra dengan kustomisasi untuk menghidupkan sebuah proyek. Proyek ini dimulai dengan pembelian GasGas MC250 bekas dari Carl’s Cycle Sales di Idaho. Secara keseluruhan, mesin itu dalam kondisi yang bagus, tetapi Charles di mXrevival memiliki rencana besar untuknya sejak awal—menggandakan kapasitas, memberinya tampilan yang benar-benar baru, dan membuatnya seperti tidak ada yang lain di planet ini. Tujuan yang cukup standar, bukan?

Menggandakan kapasitas mungkin terdengar benar-benar gila, tetapi mungkin itu hal yang paling mudah dicapai dalam proyek ini dengan bantuan Riley dan kru di BRC Racing di Kanada. Konversi mesin 500cc BRC didesain untuk mudah dipasang ke dalam rangka baja KTM, Husqvarna, dan GasGas generasi terakhir tanpa modifikasi besar. Beberapa bagian “donor” internal (transmisi lengkap dengan kopling) dan bagian listrik diperlukan dari mesin MC250. “Kami harus mencari semua bagian starter listrik dari KTM, karena mesin donor kami adalah model hanya kickstart,” kata Tony Jeske dari Elite Moto Factory, yang menangani semua perakitan kit mesin BRC dan perpindahan bagian dari mesin MC250 yang diperlukan.

Dengan penambahan tenaga, mereka juga meningkatkan suspensi, rem, dan penggerak. Brandon di AHM Factory Services menangani semua kebutuhan suspensi untuk proyek Helfyre. AHM melakukan anodisasi kustom pada tabung garpu standar dan bodi shock menjadi emas, dan mereka juga melapisi DLC semua batang bawahnya. Mungkin modifikasi yang paling substansial yang dilakukan AHM adalah mereka sepenuhnya mengonversi inti garpu udara AER dengan komponen pegas lengkap Yamaha KYB/SSS.

Saat kita pikir kita sudah melihat segalanya, ada sesuatu yang muncul yang mengejutkan dan membuat kita hanya berdiri di belakang dan menikmati hasil akhirnya. Yang benar-benar hebat dari konversi mesin BRC Racing ini adalah bahwa  tidak hanya dapat menggandakan kapasitas mesin, melainkan juga memungkinkan untuk tetap memiliki mesin berkatup pembilas seimbang dan menambah starter listrik ke model GasGas yang dulunya “hanya” kick-start..(kun)