NEWS.VMX.ID – Satu-satunya alat pelindung yang paling penting adalah Helm. Dan juga wawasan tentang pentingnya ketika memilih helm yang aman, dan menghindari cedera kepala saat kecelakaan. Imbas ketika kecelakaan dan tidak mengenakan helm berkualitas berimbas terlukanya kepala, pembengkakan dan peradangan sering terjadi. Karena tidak ada ruang ekstra di dalam tengkorak manusia, dimana otak mencoba masuk melalui lubang di dasar tengkorak. Akibatnya menciptakan tekanan yang melukai batang otak vital lebih jauh, juga seringkali menghancurkan bagian-bagian yang mengontrol pernapasan dan fungsi dasar tubuh lainnya.
Jika pengendara mengalami benturan keras pada rahang, seperti pada benturan langsung dan ditransmisikan ke dasar tengkorak. Akibatnya dapat mematahkan dan memutuskan tulang belakang pengendara. Tekanan ekstra pada bagian tengkorak pengendara dan tidak menggunakan helmet berkualitas tinggi adalah penyebab umum kematian pada pengendara sepeda motor meski menggunakan helm.
Makanya disarankan menggunakan helm full-face dan menuntut bantalan EPS yang tebal, bukan busa yang tahan banting di chin bar helm. Ketika otak terbentur akibat bertabrakan dengan bagian dalam tengkorak, tonjolan tulang di sekitar mata, sinus, dan area lain dapat menyebabkan kerusakan parah pada otak. Dan jika kepala pengendara terpelintir dengan cepat, otak dapat tertinggal, menyebabkan robekan dan cedera otak internal yang serius karena menyeret tengkorak. Helm berkualitas adalah cara terbaik untuk menghindari ketidak nyamanan tersebut.
Pertama, itu adalah alat pelindung terpenting yang wajib digunakan oleh pengendara motor. Fungsi helm sebagai pelindung kepala dan bagian organ tubuh disekeliling batok kepala, seperti wajah,mata,hidung,mulut dan telinga. Jadi wajib berinvestasi serius dalam hal helmet untuk berkendara yang aman dan nyaman.
Kedua, helm mendukung faktor kenyamanan perlindungan pendengaran dengan mengurangi kebisingan angin yang menderu di telinga,mata, dari benda ekstrim dan perubahan kondisi cuaca dan mengurangi kelelahan pengendara.
Ketiga, memakai helm menunjukkan bahwa pengendara motor adalah orang yang bertanggung jawab dan mentaati hukum, juga cerminan dari sikap terhadap ketika berkendara.
Beberapa hal yang membuat helmet lebih aman dan bermanfaat bagi pengendara? Dan Apa saja komponen terpenting dari pengaman pengaman?
Sebagian besar kegiatan jenis olahraga memiliki perlengkapan dan peralatan pelindung yang sesuai. Dan helm yang dibuat untuk memenuhi standar DOT (Departemen Transportasi AS) atau ECE (Komisi Ekonomi Eropa).
Keefektifan helm telah dibuktikan oleh penelitian ilmiah, sementara mitos helm seperti “helm mematahkan leher, menghalangi penglihatan dan mengganggu pendengaran”, secara konsisten terbukti salah. Pengendara yang sadar akan keselamatan memakai helm sebagai pilihan yang masuk akal dan bertanggung jawab setiap kali mereka berkendara. Selama bertahun-tahun helm sepeda motor telah dikembangkan secara cermat dan ilmiah dimana empat komponen dasar bekerja sama untuk memberikan perlindungan pada helm sepeda motor.
kulit luar yang kuat: fiberglass, serat karbon atau Kevlar, polikarbonat ABS, liner penyerap benturan: polystyrene atau EPS yang diperluas, bantalan yang nyaman: kain anti-keringat yang dirawat anti-bakteri, sistem retensi yang baik, pengunci D ring ganda adalah yang terbaik.
Kombinasikan unsur-unsur tersebut dalam helm sepeda motor yang menutupi seluruh kepala yang aman.
Apa saja aspek yang perlu dipertimbangkan bagi orang yang mengendarai pembonceng – apakah ada aspek khusus yang perlu dipertimbangkan di mana penumpang berjenis kelamin lain [perempuan] atau mungkin anak-anak?
tidak boleh berkompromi dengan kualitas helm dewasa dan anak sekalipun.
Apakah ada pertimbangan khusus bagi mereka yang sering harus berkendara di cuaca buruk dalam memilih helm yang tepat?
Selain itu, helm berkualitas baik akan memiliki seal silikon atau karet yang tepat pada bukaan visor, dan ketika menutup visor, itu menjadi seal kedap air, menjaga hujan di luar. Seseorang harus memeriksa cara visor menutup dan apakah itu menyentuh atau menyegel dengan benar di sekelilingnya terutama di bagian atas. Visor, saat menutup, harus benar-benar menarik dengan baik dan kencang pada segel karet di sekelilingnya.
Agar nyaman, disarankan sesekali melepaskan comfort liner dan mencucinya, agar tidak menimbulkan bau tak sedap. Pilihlah helm dengan daya bagsu dalam hal kedap suara, dapat fokus pada suara yang paling penting. Juga, gantilah helm setelah terlibat dalam kecelakaan, yang memungkinkan menyerap beberapa benturan benturan. Sebagian besar produsen helm merekomendasikan untuk mengganti helm Anda setiap beberapa tahun.
Mengapa mengganti helm setiap beberapa tahun , meski tidak tampak rusak? Kualitas pelindungnya dapat memburuk seiring waktu dan tingkat keausan. Tali dagu mungkin terlepas atau kendur pada titik pemasangannya, cangkangnya bisa terkelupas atau rusak. Bahkan penurunan dari jarak 2m saja dapat menyebabkan retakan pada garis rambut, yang mengganggu kinerja dan integritas cangkang.
Jika lupa kapan membeli helm, periksa tali dagu atau pelabelan permanen. Helm baru harus memiliki stempel bulan dan tanggal produksi. Jika tidak ada tanggal sama sekali, harus segera mengganti helm.
Hal-hal seperti EPS multi-densitas atau ditempatkan secara strategis (polystyrene yang diperluas atau lapisan busa yang dapat dihancurkan), teknologi suspensi omni-directional seperti MIPS (sistem perlindungan benturan multi-arah) yang mapan, dan berikut sistem pelepas bantalan pipi darurat.
Ada banyak terminologi teknis dan fitur keselamatan yang harus dipahami dalam hal helm. Inilah yang harus diwaspadai saat membeli helm baru.
MIPS (sistem perlindungan dampak multi-arah)
Singkatnya, plastik tipis kemudian antara EPS dan liner helm yang mengurangi kekuatan rotasi otak. MIPS adalah sistem perlindungan yang diteliti dan diproduksi secara independen yang banyak digunakan dalam olahraga hobi dan kompetisi.
MIPS telah terbukti mengurangi gerakan rotasi di helm dengan “menyerap dan mengarahkan energi dan kekuatan yang ditransmisikan ke otak”. MIPS banyak digunakan di banyak helm off-road terbaik saat ini.
Liner EPS (polistirena yang diperluas)
Bagian helm antara cangkang dan liner helm. Ini, sejak awal waktu, telah digunakan untuk menyerap benturan dengan konsep memungkinkan semacam zona remuk, lapisan penyerapan energi di dalam cangkang helm luar yang lebih keras – sehingga mengurangi kejutan mendadak ke otak di bawah benturan keras.
Dalam beberapa tahun terakhir, persis bagaimana liner EPS ini bekerja telah menerima banyak pengembangan dan jauh lebih efektif daripada di masa lalu ketika itu hanya lapisan polystyrene.
Helm yang dikembangkan lebih baik di pasaran saat ini menggunakan beberapa lapis atau kepadatan berbeda EPS di berbagai area helm, untuk lebih meningkatkan keamanan.
Sistem pelepasan pada helm berkualitas bertujuan adalah untuk memungkinkan helm dilepas dengan aman dengan gerakan kepala dan leher yang minimal jika terjadi kecelakaan serius. Biasanya itu adalah melalui sistem pelepasan cepat di bantalan pipi. Perluasan ini dan dijual terpisah, perangkat ‘Hats Off’ adalah kantong udara kecil kosong yang dapat dipompa untuk melepas helm jika terjadi cedera tulang belakang.
Komposisi helm yang bagus adalah terdiri dari empat bagian kepadatan busa peredam benturan yang dipotong menjadi lima bagian,Visor baru dengan fungsi sistem klip daripada tipe magnet ( breakaway), Lapisan dalam Static anti bau yang dapat dicuci yang menghilangkan kelembapan dan meningkatkan sirkulasi udara, Liner kenyamanan elastis Pro-Fit dan titik masuk dan rute port hidrasi yang didesain ulang untuk selang hidrasi ke mulut.
Pada helm bagus, dudukan visor dan pengikatnya dari sekrup aluminium atau bahkan titanium untuk mengamankan nok atau dudukan drat, agar aman. Penggunaan sekrup logam, dengan mempertimbangkan keselamatan dan dudukan nok yang terlalu kencang dapat berimbas sebagai penyebab rotasi kepala dalam kecelakaan.
Dengan demikian, produsen sekarang memiliki solusi berbeda untuk mencoba mencegah hal tersebut, telah kembali ke sekrup plastik atau bahkan nok yang menempel dengan klip atau magnetis sehingga mudah lepas saat terkena benturan. Dan jika menemukan dudukan logam pada bagian noknya harus fleksibel atau memiliki titik pemasangan yang dirancang untuk patah.
Cangkang luar helm ayng terbaik dibuat dari sejumlah bahan dari serat karbon, komposit karbon, poliakrilit, polimer, polikarbonat, dan serat kaca, atau kombinasi dari semua opsi material tersebut.
Beberapa helm premium memiliki cangkang serat karbon, untuk kekuatan dan pengurangan berat secara keseluruhan. Orang lain dapat memiliki campuran plastik atau bahkan fiber glass. Makanya secara fungsi cangkang dan bobotnya sangat beda saat menempel di kepala pengendara.