BANDUNG, VMXMedia.ID – Motor dual purpose diciptakan oleh pabrikan untuk menjembatani keinginan agar bisa digunakan sehari-hari di perkotaan, sekaligus bisa dipakai main kotor ke jalan tanah pedesaan maupun bebatuan pegunungan.
Namun, tahukah braaapers, Yamaha punya produk unik berupa motor dual purpose untuk penggunaan di sektor perkebunan dan pertambangan bernama AG100. Dilihat dari tampilannya, ia memiliki desain yang sekilas mirip motor trail 2-tak legendaris DT100.
Seperti dilansir global.yamaha-motor.com, yang dikutip GridOto.com, motor ini diberi tambahan berupa rak depan dan belakang yang bisa digunakan membawa barang bawaan. Karena diperuntukkan sebagai motor di medan off-road, bagian kaki-kakinya memiliki set up yang kokoh.
Suspensi depan menggunakan model teleskopik dengan travel 180 mm yang diberi cover karet untuk mencegah kotoran masuk ke as. Sementara di bagian belakang mengaplikasikan suspensi tunggal ber-travel 130 mm serta swing arm ala motor trail. Velg jari-jari depannya memiliki diameter 19 inci yang dibalut ban off-road ukuran 2.75, lalu di belakang pakai pelek 18 inci dengan ban 4.10.
Yamaha AG100 juga dibekali cover rantai yang diklaim bisa melindungi rantai dan sproket dari lumpur maupun pasir, sehingga usia pakainya lebih awet. Bagian pengereman pun dibikin sesimpel mungkin dengan mengandalkan rem tromol depan-belakang, karena dianggap lebih low-maintenance dibanding model cakram.
Beralih ke dapur pacu, Yamaha AG100 mengusung mesin silinder tunggal 2-tak reed valve 97cc pendingin udara. Output-nya berupa tenaga sebesar 8,5 dk di 6.250 rpm dan torsi puncak 9,8 Nm di 6.000 rpm yang disalurkan ke transmisi 5-percepatan. Saat masa produksinya, Yamaha AG100 banyak beredar di belahan Afrika sebagai kendaraan para pekerja dan relawan. Ya, dengan desainnya yang dual purpose, motor ini memang lahir sebagai pekerja keras untuk melibas berbagai medan seraya bisa mengangkut berbagai barang. (day)