Profile

Sejarah Motocross Berikut Perkembangan Industri Pendukung dan Kualitas Event Berikut Regulasi

By: VMX Media | 30/12/2022 | 542
Sejarah Motocross Berikut Perkembangan Industri Pendukung dan Kualitas Event Berikut Regulasi

NEWS.VMX.ID – Motocross pertama kali berevolusi di Britania Raya dari sepeda motor uji  kompetisi, seperti auto siklus putaran pertama pada tahun 1906 dan sixth days scotlandia yang dimulai pada tahun 1909. Saat itu kemasan masih mengacak antara lintasan flat dan beberapa hambatan atau jumpingan.Motocross adalah bentuk olahraga sepeda motor atau balap bermotor off road roda dua diadakan pada sirkuit offroad terbuka atau tertutup (stadion ).

Perputaran evolusi, mulai dari percobaan, mengacak spesifikasi hingga menguji perpaduan antara motor di alam bebas. Bahkan sebutan Dirtbike, terinspirasi motor keluar masuk perkebunan, hutan dengan penuh lumpur. Ketika populer di jamannya, saat itu hambatan dalam perlombaan motocross di jamannya masih terbatas pada Step On dan table Top. Pebalap diera saat itu berlomba dengan perbandingan kombinasi flat track dengan gundukan tanah atau obstacle berbentuk table top  masih dengan tinggi 1 meter dan cenderung landau. Saat itu dominasi rintangan lompatan kecil atau Step On yangmerupakan cikal bakal rintangan lumba-lomba.

Dijamannya, motocross masih menggunakan motor standar pabrik, hanya ubahan pada kenalpot, ban dan racikan ringan pada mesin dan suspensi. Sebagai hiburan bagi masyarakat fans base pebalap di era itu, keseruan persaingan ada pada momen over taking dan tikungan Bermed Corner. Penonton saat itu banyak konsentrasi pada adegan dibagian di sudut tikungan dengan sisi luar tikungan pagar tanah lebih tinggi.

Permulaan hiburan kompetisi motocross menjadi bagian dari industry dimulai saat  event motocross bermula dari perancis yang terciptanya sebuah nama motorcyclette, dan menjadi sejarah pertama kali. Aroma industry pada kejuaraan motocross kemudian berkembang ke beberapa Negara – negara di daratan Eropa, nah sebutan Motocross bermula dari perputaran siklus perputaran event kejuaraan.

Kejuaraan menggunakan nama Motocross pertama kalinya berlangsung di Camberley, Surrey di tahun 1924. Puncak semakin berkembangnya Motocross dimulai 1930 di wilayah kerajaan Inggris. Saat itu, turut andilnya pabrikan motor seperti Birmingham Arms (BSA),NORTON,Matchless ,Rudge , dan AJS berkompetisi di kejuaraan Off-road bermotor.

Pola industry juga mempengaruhi dalam hal regulasi, saat itu frame rigid yang terpasang pada motor kompetisi. Ditahun 1930, Frame atau sasis rigid harus disertai dengan bagian kaki-kaki seperti suspensi  1930 dan diera 1950an diperlengkap dengan hadirnya regulasi soal penggunaan lengan ayun.

Beberapa pabrikan mulai membangun line produksi sesuai regulasi, jeda periode setelah Perang Dunia dua. Kesiapan BSA dengan produksinya sesuai regulasi balap saat itu, unitnya banyak mendominasi menjadi pilihan pebalap sejak era 1940an.

Industri Motocross kemudian beralih soal keharusan menggunakan riding gear yang spesifik untuk unsur safety. Makanya muncul beberapa brand riding gear saat itu, salah satunya Alpinestars.

Perkembangan kompetisi yang terhubung dnegan industry, memotivasi Federation International Motorcycle(FIM) dengan menetapkan regulasi pertama kali di tahun 1952. FIm selaku regulator organisasi motor dunia, setelah membentuk regulasi berlanjut membuat kejuaraan tingkat Eropa dikatagori mesin maksimal 500cc.

Peningkatan kualitas dan banyaknya kejuaraan tersebar, FIM menaikan level menjadi kejuaraan dunia di tahun 1962. FIM membuka katagori kelas 250cc, yang saat itu baru ada motor 2Tak, dengan merek motor yang tersedia seperti Husqvarna ( Swedia ), CZ ( Cekoslowakia ) dan Greeves dari Ingggris.  Seluruh pabrikan bersaing untk menyiapkan produk motor balap 2Tak kompetisi dengan karakter ringan dan lincah.

Di tahun 1960, Balap Motocross dibawa ke Amerika Serikat, seiring waktu terjadilah kemajuan teknologi mesin dua langkah. Setelah pebalap Swedia Torstenn menjuarai kejuaraan di USA, kemudian muncul pebalap motocross berkualitas seperti Hallman Torstenn diikuti oleh Roger Decoster , Joel robert , dan Dave Bickers. Saat itulah awal dimana kejuaraan AMA Motocross lahir bersamaan dengan mulai populernya balap garuktanah di Amerika.  

Pada akhir 1960-an, perusahaan sepeda motor Jepang mulai menantang pabrik-pabrik Eropa untuk supremasi di dunia motorcross.Suzuki mengklaim kejuaraan dunia pertama untuk pabrik Jepang ketika Joel Robert memenangkan 1970 250 cc mahkota. Stadion acara motorcross pertama diadakan pada tahun 1972 di Los Angeles . Pada tahun 1975, sebuah 125 cc kejuaraan dunia diperkenalkan. pengendara Eropa terus mendominasi motorcross sepanjang tahun 1970-an namun, oleh 1980-an, pengendara Amerika sudah menyusul dan mulai memenangkan kompetisi internasional .

Mengamati Eropa dan Amerika menjadi lahan industri di motocross, Pada akhir 1960-an, pabrikan Jepang memulai persaingannya dengan pabrikan Eropa. Pabrikan Jepang semakin bersemangat ketika Joel Robert memenang kejuaraan di tahun 1970 untuk kelas 250cc. Kekuatan baru dari pabrikan Jepang denan teknologinya mulai 1970-an dan awal 1980-an, menjadikan motor motocrosss pabrikan Jepang meraih penjualan terbaik.  Peralihan dominasi motor motocross Eropa ke merek asal Jepang, dipicu dengan tampilan spesifikasi mesin dua langkah, berpendingin udara berikut monoshok.

AMA Motocross semakin menguatkan kualitas event kejuaraan yang pertama kali diadakan didalam stadion pada tahun 1972 di Los Angeles . Trend penyelenggaraan kompetisi motocross dengan menyulap stadion menjadi lintasan Motocross di tahun 1975, dengan kelas 125 cc bertitel kejuaraan dunia mulai diselenggarakan. Tidak berselang lama, mulai tercetus kompetisi Supercross yang diselenggaran didalam stadion, dengan pola rintangan yang terus berkembang pesat.

Dengan alasan lebih ramah lingkungan, di tahun 1990, muncul kebijakan baru mewajibkan produsen motor harus memproduksi motor bermesin 4 Tak. Regulasi tersebut, otomoatis diikuti dengan regulasi baru untuk balapan, makanya pabrikan Eropa dan Jepang mulai bersaing kembali untuk menyiapkan motor motocross empat langkah.

Perubahan regulasi ke 4Tak, muali tahun 2003, pabrikan Eropa lebih siap dan terbukti motor merek Husqvarna, KTM, Husaberg selangkah lebih berprestasi dari motor Jepang.Merk Eropa tersebut mulai mendominasi kemenangan di setiap kejuaraan.

Lalu motor motocross juga ber-evolusi dengan mengemas dengan modifikasi kompetisi seperti Supercross, Frestyle Motocross ( FMX ), Enduro dan Supermoto. Kesemuanya dengan  perubahan spesifikasi berikut setingan lainnya.

Nah, saat ini olahraga ekstrim berbasis motor motocross yaitu Enduro dengan berbagai katagorinya seperti Hard Enduro dan Super Enduro sedang menjadi tren bagi penghobi adventure bermotor hingga ke pabalap Pro.

Perbendaan mencolok pada motor Enduro adalah tangki bensin berkapasitas lebih banyak mengisi bahan bakar, lampu utama, lampu stop,lampu sein dan setingan khusus untuk suspensi, berikut protector bagian titik tertentu pada motor.

Dan pastinya perlengkapan untuk pengendara juga menjadi industri yang berkembang pesat karena kebutuhan perlindungan dan gaya hidup berkendara off road yang memang dasyat. Soal riding gear terbaik saat ini ada merek Alpinestars, Acerbis dan UFO, juga fesyen bodi motocross bisa dipasang merek Polisport, Acerbis dan Ufo Plast dan juga yang terpenting rekomendasi produk perawatan semua disediakan oleh Ipone.