Profile

Perjalanan Orel dan Angga Lubis Bergabung di DVS KTM Junior Racing

By: VMX Media | 15/04/2023 | 563
Perjalanan Orel dan Angga Lubis Bergabung di DVS KTM Junior Racing

DVS KTM Junior Racing dikenal sebagai salah satu tim motocross terbaik di dunia dalam kelas junior. Tim yang didukung KTM Factory ini sukses menjadi penghasil juara dunia junior motocross terbanyak hingga saat ini.

Pemilik dari DVS KTM Junior Racing adalah Dirk Vansummeren. Ia juga dikenal sebagai mekanik yang berpengalaman dalam meracik mesin balap motocross sejak tahun 1992.  ersama dengan tim ini, Vansummeren telah melahirkan sederet juara dunia junior motocross, seperti Mike Alessi, Valerio Lata, dan Liam Evert. Nama yang terakhir disebut saat ini bergabung dengan KTM Factory Racing.

Tim asal belgia ini selalu konsisten mengikuti berbagai kompetisi seperti FIM Junior Motocross, EMX 125, ONK, Dutch Master, dan kejuaraan junior motocross Eropa lainnya.

Mulanya, tim DVS berencana akan absen untuk istirahat dari musim kejuaraan Junior Motocross 2023. Alasannya adalah, untuk me-refresh suasana dari masalah krusial yang ditimbulkan oleh pembalap asuhannya yang kini membela tim pabrikan lain.

Akan tetapi, Suami dari Ingrid Smits ini berubah pikiran ketika Taufan Hidayat dari Tristantara Racing menawarkan pembalap muda asal Indonesia untuk bergabung di DVS KTM Junior Racing. Diskusi antara Dirk Vansummeren dan Taufan Tristantara yang dimediasi oleh Crist Evert akhirnya disepakati. Tidak lain, pembalap tersebut adalah Orel Lubis.

Orel Lubis (kanan) menjelang persiapan MXGP Swiss 2023 (foto dok. VMXMedia)

Setelah Vansummeren beserta tim DVS mempelajari dan mengevaluasi performa Orel Lubis, mereka mengurungkan niatnya untuk beristirahat di musim balap 2023.

Keputusan DVS KTM Junior Racing untuk kembali mengikuti rangkaian Kejuaraan Junior Motocross dan EMX 125 di Eropa adalah berkah bagi Orel Lubis. Bernaungnya Orel di tim tersebut kemudian diikuti sang adik, Angga Lubis #17.

Vansummeren bersama tim DVS bersemangat untuk membentuk Lubis Bersaudara menjadi pembalap handal di kelas junior. Sebelum keduanya mendarat di Belgia, DVS melakukan berbagai persiapan, di antaranya adalah home base dan special racing garage. DVS juga melakukan persiapan pendukung program latihan dan nutrisi.

Orel, yang telah sabar menunggu agar bisa berkarir di motocross Eropa, akhirnya berlabuh di tim profesional yang didukung KTM, brand motocross terbesar di dunia. Sejak berkarir di kelas 50cc hingga 125cc, Orel selalu setia menggunakan KTM.

Tentu saja braaapers akan menantikan perjuangan kedua pembalap putra dari Edwin Boms Lubis dan Diah Emiliasari ini, untuk bisa berbicara di level internasional, yaa… (ndr)