Profile

Motocross Bukan Hanya Olahraga Pria: Inspirasi dari Pembalap Wanita yang Berani dan Berprestasi

By: Delisti Putri Utami | 25/03/2023 | 447
Motocross Bukan Hanya Olahraga Pria: Inspirasi dari Pembalap Wanita yang Berani dan Berprestasi
Motocross Bukan Hanya Olahraga Pria: Inspirasi dari Pembalap Wanita yang Berani dan Berprestasi (Foto: instagram.com/shevaardiansyah75)

VMX.ID – SEBAGAI olahraga yang memerlukan kecepatan, keberanian, dan keterampilan mengendarai motor di medan yang berat dan berbahaya, motocross selalu dikaitkan dengan pembalap pria yang berani dan tangguh. Namun, saat ini semakin banyak perempuan yang ikut terlibat dalam olahraga ekstrem ini.

Meskipun jumlahnya masih kalah dibandingkan dengan pembalap pria, pembalap motocross perempuan semakin banyak terlihat di berbagai kompetisi dunia, dan menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya untuk memulai karier di dunia motocross juga.

Salah satu contoh pembalap motocross perempuan yang sukses adalah Ashley Fiolek. Ashley lahir pada 1990 di Michigan, Amerika Serikat. Ia mulai terjun ke dunia motocross pada usia lima tahun dan pada usia delapan tahun sudah mulai berkompetisi.

Ashley Fiolek sesaat sebelum adu kecepatan di sirkuit. (Foto: instagram.com/ashleyfiolek_67)

Ashley sukses memenangkan kejuaraan nasional di Amerika Serikat pada 2008, 2009, dan 2010 dalam kategori wanita. Pada 2011 dia memenangkan kejuaraan dunia motocross wanita di Inggris.

Ashley berhasil membuktikan motocross bukan hanya olahraga yang dikuasai oleh pria, melainkan juga bisa dilakukan oleh perempuan dengan kemampuan dan keterampilan yang sama.

Selain Ashley Fiolek, ada juga pembalap perempuan lainnya yang sukses di dunia motocross seperti Stefy Bau, Kiara Fontanesi, dan Courtney Ducan. Mereka perempuan-perempuan tangguh yang mampu bersaing dengan pembalap pria dan meraih kesuksesan di dunia motocross.

Di Indonesia  juga telah lahir beberapa perempuan hebat yang memilih berkarier di dunia balap motocross. Sebut saja, misalnya, Sheva Ardiansyah yang rutin mengikuti kejuaraan motocross tingkat nasional dan internasional.

Sheva Ardiansyah akan meramaikan musim kompetisi motocross 2023 setelah sebelumnya sempat vakum karena cedera. (Foto: instagram.com/shevaardiansyah75)

Selain di motocross, beberapa perempuan hebat Indonesia juga memilih menyalurkan hobinya di dunia balap grasstrack dan enduro. Di grasstrack ada Icha ZR, Sakila Putri, Intan Lusi, dan lainnya. Sementara itu, di enduro salah satunya ada Cindi Murfs.

Seperti halnya olahraga lainnya, motocross  juga memiliki risiko yang tinggi. Medan yang berat dan berbahaya seringkali menyebabkan cedera serius bagi para pembalap. Oleh karena itu, para pembalap motocross perempuan harus memiliki keterampilan dan kemampuan yang lebih baik untuk dapat bertahan dan bersaing di arena yang keras.


Pembalap motocross perempuan dapat menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya untuk memulai karier di dunia olahraga, terutama dalam olahraga yang selama ini dianggap didominasi pria. Mereka membuktikan perempuan juga bisa menjadi juara di dunia motocross.