Mengenal Ajang SuperMotocross World Championship, Apa Keistimewaannya?

By: VMX Media | 12/09/2023 | 210
Mengenal Ajang SuperMotocross World Championship, Apa Keistimewaannya?

Written by Munandar Nuch Arsih

VMXMedia.IDSELAIN AMA Pro National Motocross dan AMA Supercross, negara adidaya Amerika Serikat memiliki event balap garuk tanah yang tak kalah seru, namanya SuperMotocross World Championship (SMX). SMX merupakan event balap garuk tanah terbaru di Amerika Serikat, yang baru saja memulai debutnya akhir pekan lalu di zMAX Dragway, Charlotte, North Carolina. 

SuperMotocross World Championship memiliki keistimewaan berupa sisi lintasan yang unik dan serba menantang, dengan dua hingga empat jalur yang menjadi pilihan penentu seorang pembalap. Keistimewaan lainnya, SMX memiliki nominal uang saku atau start money dan hadiah uang yang lebih besar dari AMA Supercrosss.

Dilansir motocrossactionmag.com, jika berbicara urutan level hadiah uang dan uang saku, urutannya adalah sebagai berikut. Pertama, SuperMotocross; kedua, AMA Supercross; dan ketiga, AMA Pro National Motocross. Pada event yang terakhir disebut, meski statusnya adalah kejurnas, hadiah yang diberikan justru berada dibawah kedua kejuaraan tersebut.

SuperMotocross World Championship terdiri dari tiga seri. Pihak penyelenggara akan membayar pemenang keseluruhan dari tiga seri SMX. Untuk pemenang keseluruhan Kelas 450, sejumlah USD 1.000.000. Sedangkan untuk pemenang keseluruhan Kelas 250, sejumlah USD 500.000.

Peta kekuatan pembalap yang berlomba di SuperMotocross World Championship, akan berbeda hasilnya dari gelaran-gelaran balap yang selama diikuti. Sebagai contoh, Jett Lawrence yang begitu digdaya saat berkompetisi di AMA Pro National Motocross, namun di ajang SMX berada di posisi tengah saat balapan berjalan.

Pada Playoff (putaran-red) pertama, yang berlangsung akhir pekan lalu, berlangsung pertarungan sengit antar para pembalap yang berlaga. Di babak pertama ini, pembalap asal Jepang, Joe Shimoda meraih kemenangan di Kelas 250 dengan hadiah pertama USD 50.  Sementara Chase Sexton, meraih kemenangan di Kelas 450, dengan hadiah yang diperoleh sebesar USD 100.

SuperMotocross World Championship terdiri dari tiga putaran yang semuanya diselenggarakan di bulan September ini. Playoff 2, akan berlangsung di Chicagoland Speedway, Illinois, pekan depan. Sementara Playoff 3 alias final, akan berlangsung di Los Angeles Memorial Coliseum, Los Angeles, 23 September mendatang. Siapakah kira-kira yang akan memimpin di putaran selanjutnya dan melaju hingga putaran final? Pastikan kamu tidak melewatkannya yaa, braaapers!